10 Best Free Games

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Bagi sebagian orang bermain game merupakan hobi yang termasuk mahal. Tentu saja dalam konteks ini game yang dihadirkan pun bukanlah game dengan tampilan kualitas grafis seadanya, namun game dengan detail dan tampilan yang mendekati kenyataan. Saat ini game dengan spesifikasi tersebut sangat mudah dijumpai dari berbagai judul dan genre yang beragam. Akses untuk mendapatkannya pun sekarang lebih mudah, Anda bisa mengujungi retail langsung untuk mendapatkannya dalam bentuk keping DVD atau mendownload-nya langsung melalui portal online seperti yang dihadirkan Valve lewat Steam.

Nah masalahnya adalah umumnya game dengan spesifikasi menengah ke atas tersebut memiliki rentang harga kisaran $40 hingga $60. Bagi sebagian orang harga tersebut tentu termasuk mahal, apalagi jika game yang kita beli ternyata tidak sesuai dengan harapan. Review game maupun video trailer menjadi pilihan alternatif untuk menilai baik atau buruknya game tersebut meski tidak mewakili seluruh isi game dan mungkin beberapa review memberikan penilain yang justru lebih subjektif.

Free-to-play game merupakan jawaban dari kekhawatiran Anda. Meski bersifat gratis, beberapa developer cukup serius menggarap game yang mereka buat dikarenakan sumber pendapatannya bisa diperoleh melalui cara lain seperti penjualan item, rank atau status dan sebagainya. Sistem seperti ini menjadikan jenis game free-to-play ini tidak kalah popular dari jenis game berbayar lainnya.

Melalui artikel ini, kami mencoba untuk menyajikan kumpulan free game  yang bisa Anda mainkan. Jadi, selamat mencoba.

  1. DOTA 2

Dota 2

Untuk yang pertama, kami awali dengan DOTA 2. Bagi penggemar game online pasti sudah tidak asing dengan DoTA (Defends of the Ancient) yang merupakan  custom map dari game WARCRAFT III : The Frozen Throne. Kehadiran game ini diumumkan secara formal pada 13 Oktober 2010 lewat website dari majalah Game Informer. Berbeda dengan pelopornya, DOTA 2 ini bukan lagi dikembangkan oleh Blizzard, melainkan oleh Valve Corporation. Yang kemudian dirilis sebagai free-to-play game untuk PC. Game ini tersedia secara gratis dan bisa Anda download melalui portal Steam sebagaimana diketahui sebagai distributor game-game terkenal. Bagusnya lagi, saat ini DoTa 2 sudah bisa dijalankan di multiple platform yakni Windows, Ubuntu dan Mac OS X.

Mengusung konsep yang sama, DoTA 2 hadir dengan permainan baru yang lebih intens dan menarik. Apalagi sudah dibekali dengan grafis dan detail yang lebih apik. Dota mengadu 2 tim berisikan masing-masing 5 pemain yang terbagi dalam dua faksi yakni Radiant dan  Dire (bukan lagi Sentinel dan Scourge) dimana keduanya memiliki markas utama yang disebut Ancient. Misi dari permainan ini masih sama, tim pertama yang berhasil menghancurkan Ancient lawan adalah pemenangnya. Terdapat 3 jalan atau jalur (disebut ‘lanes’) yang menghubungkan kedua Ancient tersebut .

Masing-masing pemain dapat mengendalikan sebuah unit/ karakter yang disebut ‘Hero’ yang dipilih pada awal permainan. Terdapat lebih dari 100 Hero dengan type yang berbeda : Strength, Agility dan Intelligence. Setiap Hero umumnya memiliki empat buah skill dimana ultimate skill baru bisa digunakan setelah level 6.

CPU: Pentium 4 3.0GHz
RAM: 1 GB for XP / 2 GB for Vista
OS: Windows 7 / Vista / Vista 64 / XP
Video Card: DirectX 9 compatible video card with 128 MB, Shader model 2.0. ATI X800, NVidia 6600 or better
Free Disk Space: 2.5 GB
Internet Broadband internet connection

Link download :http://store.steampowered.com/app/570/?snr=1_5_9__205 

  1. League of Legends

league of legend

Dengan mengambil konsep dasar DotA, League Of Legends atau lebih dikenal dengan sebutan LoL kini kerap kali diperbincangkan oleh para penikmat game online. Tentu saja dikarenakan Steve “Guinsoo” Feak sebagai perancang map DotA Allstars dan Steve “Pendragon” Mascon sebagai Official Administrator (www.dota-allstars.com) ikut terlibat dalam pembuatan game ini. Dengan mengacu pada DotA sebagai dasar, Guinsoo kemudian mengembangkan game ini dari segi grafis, konten, hero, item, dan permainan yang lebih menarik. Konsep baru yang diusung RioT Games sebagai pioneer genre baru dalam game online ini dinamakan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Meskipun dikembangkan dari tipe game Dota, game LoL dibangun dengan engine yang berbeda. Terlihat dari konsep permainannya yang jauh lebih kompleks. Namun jika Anda pernah memainkan game DotA, maka tidak akan sesulit yang dibayangkan. Perbedaannya disini Anda membangun karakter Anda sendiri yang dinamakan Summoner. Terdapat beberapa kategori yang menentukan kemampuan Summoner yaitu spell, Rune , dan Masteries disamping item serta tentu saja skill dari player itu sendiri. Pengaturan karakteristik summoner banyak mempengaruhi hasil pertempuran di medan laga tentu saja dengan kerja sama yang kompak sesama anggota tim.

Pada setiap minggunya RioT menyediakan beberapa hero yang dapat dimainkan secara gratis. Namun Anda dapat membeli hero yang tidak disediakan secara gratis dengan menggunakan IP (Influence point) yang didapatkan setiap kali permainan usai, tentu saja jumlah IP akan lebih banyak kita dapatkan jika menang dalam permainan. Selain itu Anda dapat menggunakan RP (RioT point) dengan menukarkan dengan sejumlah uang.

Seperti jenis permainan DOTA pada umumnya, pada game ini terdapat beberapa misi utama agar dapat meraih kemenangan.  Permainan terbagi atas 2 kubu yang berlawanan yaitu, Noxus dan Demacia. Masing-masing kubu memiliki pertahanan seperti tower dalam hal ini bernama turret, inhibitor untuk memproduksi minion dan Nexus sebagai bangunan vital.

CPU: Intel® Pentium® D or AMD Athlon™ 64 X2
RAM: 1 GB RAM (Windows Vista and 7 users will want 2 GB of RAM or more)
OS: Windows XP (Service Pack 2 or 3 ONLY), Windows Vista, or Windows 7
Video Card: DirectX 9 compatible video card with 128 MB, Shader model 2.0. ATI X800, NVidia 6600 or better
Free Disk Space: 8 GB available hard disk space
Internet Broadband internet connection

Link download : http://na.leagueoflegends.com/

  1. Starcraft II

starcraft II

Starcraft merupakan salah satu dari jenis game RTS (Real Time Strategy) yang paling popular yang pernah ada. Konsep cerita yang menarik serta misi permainan yang ditawarkan menjadi faktor yang membuatnya banyak diminati oleh gamer.  StarCraft II mengambil pendekatan berbeda dari game sejenis. Game RTS ini tidak langsung menghadirkan semua unit tempur sejak misi awal. Unit tempur yang lebih advanced,akan diperkenalkan satu per satu dalam setiap misi. Hal ini menciptakan sensasi menyenangkan, dan sekaligus menjadi  training bertahap sebelum Anda memiliki unit tempur yang kompleks. Sangat cocok bagi para pemula untuk game strategi.

Hal lain yang menonjol adalah pada desain misinya. Tak ada misi yang benar-benar sama. Bahkan penghubung antarmisi yang bertempat di Hyperion, pesawat induk Jim Raynor, tak hanya berfungsi sebagai penyambung alur cerita, melainkan juga tempat dimana Anda bisa menyewa mercenary, melakukan riset, meng-upgrade unit tempur,hingga bermain mini-game Arcade! Ditambah dukungan kualitas grafik dan suara yang memukau, Star Craft II seolah menciptakan standar baru untuk game RTS. Sebuah game yang wajib Anda miliki.

Sebagaimana seri pendahulunya, Starcraft II masih menghadirkan tiga faksi , yaitu Terran (ras manusia), Protoss (ras alien berteknologi tinggi), dan Zerg (ras alien purba). Dan Masing-masing faksi/ras memiliki  kekuatan dan kelemahan tersendiri dengan karakterstik permainan yang berbeda pula.

Starcraft II memliki total 29 misi yang terangkum dalam 7 chapter. Tiga misi di antaranya merupakan pilihan, artinya jika Anda memilih misi A, maka misi B otomatis Tertutup. Namun saat ini Blizzard memberikannya secara cuma-cuma alias gratis. Melalui versi Starcraft II : starter edition, Anda bisa memainkan 4 misi secara single player, mengakses dua tantangan serta menjajal pertempuran melawan AI.  Andapun bisa mengupgrade game ini untuk bisa mencicipi seluruh fitur dan misi lain dengan hanya membayar $40 saja.

CPU: Intel® Pentium® D or AMD Athlon™ 64 X2
RAM: 1.5 GB
OS: Windows 7 / Vista / Vista 64 / XP
Video Card: NVIDIA® GeForce® 7600 GT or ATI™ Radeon™ X800 XT or better
Free Disk Space: 20 GB available HD space
Internet Broadband internet connection

Link download : https://us.battle.net/account/sc2/starter-edition/

  1. SMITE

smite

Bagi Anda yang sudah memainkan game berjenis MOBA seperti DoTA, HoN, maupun LoL, tentu tidak akan asing dengan garis besar gameplay yang ditawarkan game yang satu ini, SMITE. Ya, game ini mengusung konsep yang sama di mana terdapat dua kubu yang saling bertikai. Game ini dimainkan secara tim yang berisikan masing-masing 5 orang.

Berbeda dengan jenis MOBA lainnya yang menggunakan karakter fiksi dalam game-nya, SMITE justru menggunakan karakter dewa-dewa yang diambil dari cerita, kisah atau mitos dari berbagai negara. Hal ini tak ayal sempat menimbulkan kecaman keras dari kelompok tertentu, khususnya bagi kelompok atau penganut agama tertentu yang mengaggap suci dewa yang mereka yakini.

Salah satu yang membedakan game ini dengan game jenis MOBA lainnya adalah dari segi konsep permainannya. Jika sebagian besar game MOBA menggunakan kamera isometric, SMITE justru hadir dengan konsep sudut pandang orang ketiga (third person). Hal ini mungkin terlihat kurang nyaman bagi yang terbiasa dengan kamera isometric dikarenakan sudut pandang dan jangkauannya lebih luas dalam melihat karakter. Namun, apa yang ditawarkan SMITE sepertinya memang sudah matang,  sehingga dapat menutup kekhawatiran yang ditakutkan user selama ini. Hi-Rez Studios sebagai developer dari game ini tampaknya telah berhasil menciptakan jenis MOBA dengan nuansa yang baru meskipun awalnya diliputi oleh rasa skeptic dan kecaman terhadap game yang dihadirkannya. Meski begitu, tanggapan positif pun hadir berdatangan memberikan apresiasi terhadap kualitas game yang ditawarkan bukan dari segi konsep karakter dewa yang menimbulkan controversial.

CPU: Core 2 Duo 2.4 GHz or Althon 64 X2 2.7 GHz
RAM: 2 GB (XP), 3 GB (Vista, Win7)
OS: Windows XP SP2, Windows Vista or Windows 7
Video Card: ATI or Nvidia graphics card with 512MB video ram or better and Shader Model 3.0+ support.
Free Disk Space: 10 GB
Internet Broadband internet connection

Link download : http://www.hirezstudios.com/smite/nav/game-info/download-game

  1. Warframe

warframe

Warframe merupakan free-to-play video game dengan genre third-person shooter yang dikembangkan oleh Digital Extremes dan diperuntukkan untuk PC, Playstation 4 dan Xbox One.  Game ini mengisahkan tentang Tenno yang merupakan ras petarung yang terkenal di masa lalu bangkit dari tidur dinginnya yang panjang untuk menghentikan ancaman besar dari dua faksi militer besar yakni Grinner dan Corpus.

Pada game ini Anda akan berperan sebagai Tenno yang memiliki kemampuan bertarung ala ninja yang dibekali dengan samurai serta dua senjata jarak jauh. Anda akan dihadapkan dengan berbagai misi yang bertujuan untuk menumpas grinner dan corpus dan mengembalikan kedamaian. Game ini dapat dimainkan secara single player maupun multi player. Namun permainan secara multiplayer tentu jauh lebih mengasyikan karena bisa saling membantu ketika dibutuhkan.

Sebagai sebuah game third person shooter, Warframe memang tidak menawarkan inovasi yang signifikan di sisi gameplay. Namun yang pasti, statusnya sebagai game free to play tidak lantas membuat game ini dipandang sebelah mata. Digital Extreme tampaknya, mampu menjadikan game third person shooter ini menjadi game yang masuk dalam daftar game gratis favorit para gamer. Lihat saja, respon yang ditampilkan di portal steam, rating yang diberikan untuk game ini sangat tinggi yakni 85%. Segi cerita yang menarik, tampilan visual yang apik, serta desain karakter yang keren menjadi kunci keberhasilan game ini.

CPU: Intel Core 2 Duo e6400 or AMD Athlon x64 4000+
RAM: 2GB
OS: Windows XP SP 3 or higher
Video Card:  Nvidia GeForce 8600 GT or ATI Radeon HD 3600
Free Disk Space: 2 GB HD
Internet Broadband internet connection

Link download : http://store.steampowered.com/app/230410/

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment