AMD Akhirnya Ungkap Detail APU Carrizo

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr


carrizo

AMD akhirnya mengungkapkan detail Accelerated Processing Unit (APU) terbarunya dengan codename “Carrizo” di ajang bergengsi International Solid State Circuits Conference (ISSCC), California pada 23 Februari lalu. APU ini dirancang untuk perangkat notebook dan desktop PC hemat daya yang akan menghadirkan kejayaan baru dengan teknologi manajemen daya yang canggih yang bisa mencapai performa yang sesungguhnya melalui core CPU x86 “Excavator” serta generasi baru core GPU AMD Radeon™. Dirancang dengan System-on-Chip (SoC) sesungguhnya, AMD mengharapkan Carrizo bisa mengurangi konsumsi daya yang dibutuhkan oleh core CPU x86 hingga 40 persen, namun tetap mampu menghadirkan performa sesungguhnya pada performa CPU, grafis, dan multimedia dibanding APU generasi sebelumnya.

“Sebagai bagian dari fokus kami dalam menciptakan produk berkualitas serta optimisasi performa yang telah kami rancang untuk APU terbaru Carrizo akan menyajikan lonjakan performa-per-watt terbesar untuk APU mainstream dari AMD,” ujar Sam Naffziger, AMD Corporate Fellow and co-author of the AMD presentation at ISSCC. “Ada peningkatan dan kemajuan performa komputasi serta efisiensi energi sejak era lahirnya prosesor generasi awal. Bagaimana pun, kemajuan teknologi yang berhubungan dengan efisiensi daya saat ini tidak berkembang pesat, mengantarkan kita menuju era baru yang membutuhkan cara alternatif untuk meningkatkan performa dan efisiensi daya yang dibutuhkan. AMD telah mengembangkan Heterogeneous System Architecture (HSA) dan paten teknologi manajemen daya untuk terus menciptakan berbagai kemajuan. APU Carrizo yang akan segera hadir akan membawa lompatan besar terhadap target efisiensi daya AMD dan menggabungkan banyak fitur baru yang akan diadopsi di seluruh lini produk kami selanjutnya.”

Berikut ini adalah detail spesifikasi Carrizo yang diungkap di ajang ISSCC :

  • 29% lebih banyak transistor di dalam sebuah die dengan ukuran yang hampir sama dengan die generasi sebelumnya, “Kaveri”;
  • Core x86 “Excavator” sajikan peningkatan instructions-per-clock dengan daya lebih rendah hingga 40%;
  • Core GPU Radeon baru yang dilengkapi power supply;
  • Dilengkapi on-chip H.265 video decode;
  • Peningkatan performa dan daya tahan baterai hingga pesentasi dua digit;
  • Southbridge terintegrasi untuk pertama kalinya dalam APU AMD.
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

One Comment

Add a Comment