AMD Radeon R9 Nano : Kartu Grafis Mini ITX Tercepat yang Pernah Dirancang

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

r9 nano

AMD terus mendorong batas-batas rancangan kartu grafis, di mana pada 27 Agustus 2015 mengumumkan kategori-baru yakni AMD Radeon ™ R9 Nano yang merupakan kartu grafis Mini ITX tercepat yang pernah dirancang yang memungkinkan bermain game 4K di ruang tamu dengan rancangan yang ultra-hening serta ultra-ringkas. Pertama diperlihatkan kepada gamer di seluruh dunia pada ajang Electronic Entertainment Expo (E3) di Los Angeles pada bulan Juni 2015, kartu grafis AMD Radeon R9 Nano berbasis chip grafis dengan nama  “Fiji”, dan ini merupakan produk berbasis “Fiji” ketiga pada musim panas ini bersama dengan kartu grafis AMD Radeon ™ R9 Fury dan R9 Fury X. Keluarga grafis AMD Radeon ™ R9 Fury yang menggunakan basis GPU “Fiji”, menjadi titik balik dalam industri PC gaming dengan implementasi dari High Bandwidth Memory (HBM) untuk memberikan efisiensi energi yang ekstrim serta kinerja untuk resolusi ultra-tinggi, pengalaman VR tak tertandingi, gameplay yang lebih lancar, dengan Radeon R9 Nano yang merevolusi form factor untuk para enthusiast dimanapun.

Dengan 30 persen peningkatan kinerja dan daya 30 persen lebih hemat daya 3 dari generasi sebelumnya yakni kartu grafis AMD Radeon ™ R9 290X, AMD Radeon R9 Nano dengan konsumsi daya 175W adalah kartu grafis Mini ITX paling efisien di dunia. Ukuran panjang enam inci, dengan pendingin udara merepresentasikan standar baru dari kartu grafis, yang memungkinkan para gamer, PC modders, dan system integrators untuk membangun perangkat yang compact, unik, dan form factor yang ultra-kecil yang tidak dimungkinkan sebelumnya, membuka jalur baru, rancangan PC yang tidak lebih besar dari sebuah DVR atau konsol game.

“Dengan kartu grafis Radeon ™ R9 Nano, AMD memungkinkan konten  game 4K di ruang tamu/keluarga  Anda dengan kondisi yang sangat tenang, menggunakan rancangan ultra-kecil agar unggul dalam game-game saat ini dan serta dukungan API terbaru seperti DirectX 12 dan Vulkan ™. Tidak ada yang serupa dengan itu, “kata Matt Skynner, corporate VP and general manager, Product, Computing and Graphics Business Unit di AMD. “Jajaran kartu grafis Radeon ™ kami mengantarkan era baru PC gaming dengan memberikan kinerja yang luar biasa, desain GPU yang tak tertandingi dan teknologi-teknologi yang inovatif. Hari ini adalah saat yang revolusioner untuk PC gaming, dan kami bangga untuk menambahkan produk yang berbeda ini ke dalam jajaran kartu grafis AMD Radeon R9 kami yang revolusioner.”

Jajaran kartu grafis AMD Radeon R9 menawarkan spektrum produk dengan harga mulai dari $ 199 – $ 649 SEP4. Menghadirkan grafis yang memukau untuk pengalaman gaming 4K tak tertandingi di segmennya, AMD Radeon R9 Series memenuhi hampir setiap kebutuhan dan anggaran bagi siapa saja yang menginginkan pengalaman gaming premium.

AMD Radeon™ R9 Nano Graphics Card:

 

Features
Virtual Super Resolution (VSR) Yes
Frame Rate Target Control (FRTC) Yes
High-Bandwidth Memory (HBM) Yes
AMD FreeSyncTM Technology Yes
AMD LiquidVR™ Technology Yes
4K Resolution Support Yes
AMD Eyefinity Support Yes
AMD CrossFire™ Support Yes
Specifications
Process 28nm
Stream Processors 4096
Compute Units[i] 64
Engine Clock Up to 1000 MHz
Compute Performance 8.19 TFLOPS
Texture Units 256
Texture Fill-Rate 256 GT/s
ROPs 64
Pixel Fill-Rate 64 GP/s
Z/Stencil 256
Memory Configuration 4GB HBM
Memory Interface 4096-bit HBM
Memory Speed / Data Rate 500MHz / 1.0Gbps
Memory Bandwidth 512 GB/s
Power Connectors 1 x 8-pin
Typical Board Power 175 W
PCIe® Standard PCI-E 3.0
API Support DirectX® 12, Vulkan™, OpenGL® 4.5, Mantle

 

Kartu grafis AMD Radeon R9 Nano akan dirilis dengan harga $649 USD dan direncanakan akan tersedia secara global pada 10 September 2015.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment