Apa Saja Fitur Baru Pada Windows 10?

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+1Share on Tumblr

Sesuai dengan roadmap-nya, dalam beberapa bulan ke depan Windows 10 akan mulai tersedia. Bagi pengguna Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows Phone 8.1 Microsoft akan memberikan fasilitas upgrade secara cuma-cuma. Beberapa fitur baru pada Windows 10 tentunya hadir dengan peningkatan fungsi dan kemampuan yang lebih optimal. Fitur apa saja yang akan hadir? Berikut rinciannya…

 

 

 

Start Menu Baru

Lenyapnya Start Menu bisa dikatakan menjadi alasan mengapa Windows 8 kurang populer layaknya Windows 7. Di berbagai laporan dan riset, konsumen menginginkan agar fitur tersebut dihadirkan kembali, meskipun pada versi Windows 8.1 start menu juga sudah dihadirkan kembali.  Bedanya, Start Menu di Windows 10 didesain dengan tampilan yang lebih modern, selain itu dilengkapi juga dengan ruang kosong yang dapat diisi dengan aplikasi favorit dan juga Live Tiles yang menjadi ciri khas Windows 8.

Untuk mendukungan user yang menggunakan perangkat touchscreen, Windows 10 juga tetap menghadirkan akses untuk masuk ke start screen melalui tombol start. Namun, sebelumnya Anda harus mengganti orientasi yang diinginkan tersebut melalui menu navigation properties.

Task View

Cara kerja task view di Window 10 tampaknya tidak jauh berbeda dengan versi Windows sebelumnya, namun Microsoft memastikan rancangan task view di Windows 10 lebih membantu pengguna untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi atau jendela lainnya. User dapat mengatur ukuran tampilan dengan menggeser pembatas untuk menyesuaikan tampilan sesuai keinginan. Fitur ini juga mampu menampilkan hingga empat aplikasi secara bersamaan. Jika Anda menggunakan multiple display, Anda dapat menjalankan aplikasi berbeda di setiap display secara bersamaan dan start screen dapat tetap muncul di monitor lain.

Snap Assist

Fitur Snap Assist di Windows 10 memudahkan pengguna untuk menyusun lebih dari 4 jendela aplikasi dalam satu layar yang sama. Atau pengguna dapat pula memasang jendela ke dalam layar dan tile windows baru. Untuk dapat melakukan ini, Anda cukup melakukan klik pada task view yang terletak pada task bar, kemudian pilih add to desktop. Dengan begitu Anda dapat me-manage aplikasi yang sedang dijalankan ketika tengah menjalankan banyak aplikasi.

Agregated Search

Salah satu fitur yang cukup powerful dihadirkan oleh Windows 8.1 Kembali dihadirkan pada Windows 10 yakni fitur Agregated Search. Fitur ini merupakan fitur search yang kini teragregasi dengan mesin pencarian Bing. Dengan begitu, Search charm kini menyediakan pencarian secara global (web, apps, files, SkyDrive) untuk memberikan jawaban dari pencarian Anda.  Bagusnya lagi, fitur ini kini menyediakan informasi terupdate secara otomatis yang tengah menjadi perbincangan ketika terhubung dengan internet. Selain bisa diakses melalui charm bar, kini fitur ini juga bisa diakses langsung melalui taskbar Windows.

Microsoft Edge

Fungsi browser juga tak luput dari perubahan yang dihadirkan microsoft. Ini akan menjadi salah satu fitur baru pada Windows 10 yang menjadi andalan Microsoft. Berbeda dengan dugaan sebelumnya yang menyebutkan bahwa Microsoft akan menggunakan browser baru bernama Spartan. Microsoft akhirnya memberikan klarifikasi di mana browser baru yang akan hadir di Windows 10 adalah Microsoft Edge.

Salah satu keunikan Edge adalah ia bisa dipasangi berbagai macam plug-in extensions yang dibuat untuk browser  Firefox dan Chrome. Selain itu Browser ini akan menjalankan rendering engine baru bernama EdgeHTML, meninggalkan engine lamanya yakni ActiveX.

Cortana

Microsoft juga menyematkan fitur digital assistant yang bernama Cortana. Bagi Anda pengguna smarthpone, tentunya hal ini sudah tidak asing lagi. Karena beberapa perangkat smartphone termutakhir saat ini sudah terintegrasi dengan digital assistant seperti Siri dan Google Now. Namun tidak seperti Google Now, Cortana lebih mirip dengan Siri karena dilengkapi dengan personality yang membuatnya terlihat berbeda.

Ketika merancang Cortana, Microsoft secara eksplisit mengemukakan bahwa, Cortana diciptakan dengan mengambil fitur-fitur terbaik yang dimiliki oleh Google Now dan Siri. Selain itu, Microsoft juga menambahkan fitur lain yang tidak dimiliki keduanya. Untuk memastikan kemampuan Cortana lebih efektif dibandingkan kompetitornya, Microsoft melakukan survei terhadap asisten pribadi sebenarnya. Sebagai hasilnya, Cortana memiliki fitur yakni Cortana’s Notebook yang akan menyimpan berbagai hal menarik yang disukai penggunanya seperti  tim olah raga favorit, artis dan sebagainya. Cortana juga akan mengklasikan kontak pribadi di smartphone penggunanya dan memasukkannya ke dalam “inner Circle” sebagai important contact.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+1Share on Tumblr

Comments

comments