ASUS Zenfone Go 5.0 ZC500TG : Smartphone Quad Core Terjangkau Berukuran 5 inch

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Sebagai pemain baru di bisnis smartphone, ASUS merupakan brand yang cukup menuai prestasi. Dengan pengalaman puluhan tahun di berbagai sektor bisnis hardware merupakan modal yang cukup bagi ASUS dalam mengembangkan sayapnya ke bisnis smartphone yang saat ini tengah tumbuh subur.

Salah satu bukti nyata kesuksesan ASUS adalah perolehan market share yang fantastis dari penjualan perangkat Zenfone series yang dimulai sejak Q1 2014 lalu. Tak butuh waktu lama, generasi penerusnya pun hadir lewat Zenfone 2 yang ternyata mendapatkan respon cukup positif.  Sayangnya, target market perangkat andalan terbaru ASUS ini lebih menyasar ke segmen mid-high. Nah untuk mengantisipasi hal tersebut, ASUS ternyata telah mempersiapkan smartphone terbaru untuk segmen mainstream yakni ASUS Zenfone Go 5.0 ZC500TG sebagai penerus dari ASUS Zenfone 5.

Dibandingkan dengan Zenfone 2, Zenfone Go 5.0 ZC500TG memang tampil lebih moderat. Meski begitu, smartphone ini tetap mampu menyuguhkan pengalaman terbaik bagi penggunanya lewat sejumlah fitur andalan milik ASUS.

Melalui artikel ini, kami akan mencoba untuk menjabarkan fitur dan kemampuan yang dihadirkan oleh Zenfone Go 5.0 ZC500TG ini. Bagi Anda yang sudah pernah memiliki smartphone ASUS sebelumnya mungkin akan cukup familiar dengan beberapa fitur yang dihadirkan. Meski begitu, terdapat beberapa fitur yang mungkin tidak akan Anda temukan diperangkat sebelumnya. Tanpa berpanjang lebar lagi, mari kita simak ulasannya.

Design

Secara desain, smartphone ini masih sama seperti Zenfone 5 yang sudah lebih dulu meluncur sebelumnya. Secara fisik, Anda akan melihat concentric circle design khas Zenfone dan Zenbook yang ditempatkan pada bagian bawah. Sementara untuk cover belakangnya, ASUS menggunakan material plastik dengan rubber finish seperti karet lembut sehingga memberikan cengkraman yang kuat pada tangan agar tidak licin atau mudah jatuh ketika digenggam. Selain itu, penutup cover belakang menggunakan desain yang melengkung sehingga memberikan rasa nyaman saat digenggam.

Menggenggam smartphone ini terasa pas dengan tangan, bobotnya yang ringan serta screen to body ratio  di atas 70% menjadikan smartphone ini memiliki body yang mungil meskipun layarnya cukup besar dengan ukuran 5 inchi. Apalagi jika kita perhatikan lebih detail, ketebalan smartphone ini juga menyusut dibandingkan Zenfone generasi sebelumnya yang lebih tebal.

 

Untuk fungsi kontrol, Anda akan menemukan 3 buah tombol kapasitif yang posisinya berada di bagian depan bawah, tepat di atas plat concentric circle. Ketiga tombol tersebut adalah tombol back, home, dan apps switcher.  Menariknya, tombol apps switcher bisa Anda fungsikan sebagai tombol untuk melakukan screenshot dengan terlebih dahulu mengaturnya di menu setting. Selain tiga buah tombol kapasitif, Anda juga akan menemukan tombol fisik berupa tombol power, volume up, dan volume down di bagian sisi kanan smartphone.

Pada bagian belakang, Anda akan menemukan sebuah kamera dengan resolusi 8 megapiksel yang sudah dilengkapi dengan sebuah LED flash untuk mengambil gambar di tempat gelap. LED flash ini juga bisa berfungsi sebagai lampu senter jika diperlukan dalam keadaan darurat. Baik kamera maupun LED flash, keduanya diposisikan tepat berada ditengah sehingga lebih mudah membidik taget saat mengambil gambar.

Tidak seperti perangkat Zenfone 5 yang memiliki rancangan unibody, pada Zenfone Go 5.0 ZC500TG ini cover belakang mudah untuk dibuka. Baterainya pun kini bisa dilepas/pasang dengan mudah. Menariknya, slot SIM card ternyata diposisikan berdekatan dengan kamera sehingga mudah untuk diakses tanpa perlu melepas baterai. Tidak ketinggalan, terdapat pula slot micro SD untuk dukungan storage tambahan. Namun posisinya berbeda dengan slot SIM card, slot micro SD diletakkan sejajar baterai sehingga untuk mengaksesnya Anda perlu mematikan smartphone dan melepas baterai terlebih dahulu. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga integritas data di micro SD agar lebih aman.

Features

ZEN UI

Jajaran produk ZenFone menggunakan antamuka yang dikenal dengan ZenUI. ASUS telah melakukan lebih dari 1000 modifikasi dibandingkan dengan antarmuka standar dari sistem operasi Android.

Antarmuka ASUS ZenUI dibuat lebih sederhana dan mudah digunakan.  Kita dapat memilih berbagai macam tema yang bisa disesuaikan tampilan, warna, screensaver, icon dan hal-hal lainnya agar sesuai dengan selera pengguna. Tema dapat di unduh dari galeri tema atau mendownload tema yang tersedia di internet. Sehingga, jika kita bosan dengan tampilan smartphone, kita hanya perlu mengganti tema agar terasa seperti smartphone baru.

Zen UI

ZenUI  dilengkapi dengan app drawer cerdas yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna. Kita bisa mengkelompokan aplikasi dalam folder secara otomatis dengan smart group, atau mengurutkannya berdasarkan frekuensi penggunaan, sesuai abjad, sesuai waktu unduhan, atau sesuai dengan keinginan kita sendiri secara custom.

Aplikasi-aplikasi tersebut juga bisa kita ganti ikon tampilannya secara terpisah untuk beberapa aplikasi melalui icon packs, dan kita bisa mengubah berapa banyak aplikasi yang ditampilkan dalam satu laman di app drawer.

Terdapat beberapa fitur baru yang dihadirkan oleh Zen UI, diantaranya adalah ZenMotion, SnapView dan Kids mode. Dengan ZenMotion, user kini dapat membuka aplikasi secara instan dari posisi smartphone terkunci. Yang dibutuhkan hanyalah membuat pattern huruf untuk memanggil aplikasi tersebut. ZenFone sendiri secara default telah menyediakan daftar pattern untuk masing-masing aplikasi yang merujuk pada huruf pertama dari aplikasi tersebut  sebagai contoh ‘c’ untuk camera dan ‘e’ untuk email.

Fitur SnapView merupakan solusi yang dihadirkan ASUS untuk menjaga privasi Anda saat menggunakan perangkat ZenFone ini. Anda dapat mengatur login terpisah antara akses untuk pribadi dan akses untuk tamu. Dengan begitu, hal pribadi Anda akan tetap aman saat Anda berbagi Zenfone dengan orang lain.

Kids mode adalah solusi menarik lain yang juga diperhatikan oleh ASUS. Dengan kids mode, Anda akan merasa aman dan tidak perlu khawatir lagi ketika Zenfone yang Anda gunakan di mainkan oleh anak Anda. Berbagai aplikasi penting bisa Anda sembunyikan pada mode ini. selain itu, Anda juga dapat mengatur waktu mundur untuk membatasi anak memainkan smartphone sehingga akan terkunci otomatis bila waktunya habis.

PixelMaster Camera

PixelMaster merupakan sistem pencitraan unik yang dikembangkan ASUS dengan menggabungkan algoritma ekslusif, hardware terbaik, dan optik spesial untuk menghasilkan kualitas foto terbaik. Sebagai informasi, Zenfone Go ZC500TG dibekali dengan kamera utama 8 megapixel dengan autofocus dan kamera depan 2MP di mana keduanya telah mengadopsi teknologi PixelMaster. Meskipun hanya berkekuatan 8MP, kamera dari ASUS Zenfone Go masih bisa menghasilkan gambar yang jernih dan kemampuan low light yang sangat baik dibandingkan dengan smartphone lain.

zenfone Go (5)

Selain itu, Zenfone Go ZC500TG ini juga dilengkapi dengan fitur camera manual DSLR, HDR, miniatur, panorama, time rewind dan beberapa fitur menarik lainnya. Dari sekian banyak fitur yang dihadirkan, fitur HDR dan time rewind menjadi fitur favorit yang sering kami gunakan.

Biasanya jika kita menggunakan kamera tanpa HDR, jika fokus dijatuhkan pada objek, maka latar belakang akan terlalu putih dan tidak terlihat. Adapun jika menjatuhkan fokus di latar belakang, maka objek yang berada di dekat kamera akan menjadi gelap. Nah, dengan HDR, maka hal-hal seperti itu tidak akan terjadi di kamera Zenfone Go ZC500TG ini.

HDR

 

time rewind

Sementara untuk Time Rewind bisa Anda manfaatkan untuk menangkap momen-momen penting yang tentunya tidak bisa di ulang. Apalagi jika objek yang akan kita foto merupakan objek bergerak. Fitur Time Rewind memiliki peran penting dalam kasus ini karena Anda tidak akan kehilangan momen terbaik sedikitpun.

Dual SIM Dual 3G

Zenfone Go ZC500TG sudah dibekali dengan dual SIM slot yang akan aktif secara bersamaan agar anda tidak perlu membawa 2 smartphone sekaligus jika memiliki dua buah nomor telepon genggam. Selain dapat aktif secara bersamaan, kedua kartu SIM yang aktif pada smartphone ini keduanya bisa mendukung koneksi internet 3G yang memiliki kecepatan download maksimal hingga 42 Mbps, sehingga jika Anda ingin mengalihkan paket data internet antara dua karu SIM yang terpasang, kita tidak perlu repot-repot memindahkannya.

Spesifikasi

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, ASUS Zenfone Go ZC500TG ini memiliki spesifikasi yang tidak biasa. Seri Zenfone umumnya sangat identik dengan Intel sebagai prosesor utamanya. Hal ini merujuk pada generasi Zenfone awal (4,5 dan 6) serta Zenfone 2 yang seluruhnya menggunakan SoC Intel.

Pada Zenfone Go ZC500TG, ASUS ternyata memercayakan komponen utamanya pada Mediatek. Menariknya, prosesor yang digunakan adalah jenis quad core processor sementara untuk GPU-nya menggunakan Mali-400MP2. Untuk lengkapnya Anda bisa melihat tabel berikut ini :

Model ZC500TG
CPU MediaTek MT6580 Quad-Core 1.3GHz
RAM 2GB RAM
Storage 8GB / 16GB + 5GB Free ASUS Webstorage
MicroSD Yes (up to 64 GB)
Connectivity WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, Wifi Direct, Super Fast Wi-FI Hotspot Capability (Tethering), MicroUSB, 35 mm earjack
Network Dual Antenna untuk sinyal lebih baik
3G DC-HSPA+ Download speed 3G up to 21Mbps
GSM/WCDMA Quad Band for worldwide data roaming 850/900/1900/2100MHz
Sim Card Dual Micro-SIM Support
Navigation GPS, BDS, GLONASS
Display 5 inci super bright IPS HD 720×1280 with 178’ wide view angle, 294 ppi
Video Video Playback: MPEG4, H.264, H.263

Video Recording: H264 AVC, MPEG-4 SP, MPEG-4 ASP, VP8, VP9, H.263

Battery Lithium-Polimer 2070 mAh
Rear Camera 8 MP autofocus. Diafragma besar f/2.0, 5 element Lens, dual tone flash, PixelMaster Camera untuk foto dan video lebih terang hingga 400%
Main Camera 2 Megapixel Fix-focus
Sensor Accelerometer/Ambient Light/Proximity/E-Compass/Hall Sensor
Audio Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet chamber
OS Android 5.1 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 dengan lebih dari 1000+ peningkatan fitur (What’s next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
Apps Google App, ASUS Sync, Mycloud, File Manager, Mylibrary, Supernote, BBM & Whatsapp Ready
Dimension 143,7×71,5x(10,5~3,5) mm
Weight 145 g
Warna Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver

Harga dan Ketersediaan

ASUS selalu dikenal sebagai merek yang menghadirkan produk dengan value for money sangat baik dibandingkan dengan merk lainnya. Zenfone Go ZC500TG adalah salah satu bukti yang dihadirkan ASUS untuk merealisasikan permintaan pasar, khususnya untuk pasar Indonesia saat ini.

Dengan harga Rp1,599,000 (2GB/8GB) dan Rp1,699,000 (2GB/16GB), Anda akan mendapatkan smartphone yang memiliki desain elegan, layar yang cerah, kamera dengan banyak fitur dan performa yang mampu menjalankan aplikasi maupun game berat dengan lancar seperti layaknya smartphone high-end.

Berdasarkan informasi dari gsmarena, Zenfone Go ZC500TG ini sudah mulai tersedia sejak Agustus 2015. Namun untuk pasar Indonesia sendiri baru mulai tersedia sejak rilis perdananya pada 19 November 2015 lalu melalui event ASUS Zenfestival 2015.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment