CHIP – Komputer Seharga Seratus Ribu Rupiah

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr


Beberapa hari yang lalu, sebuah kabar mengejutkan muncul melalu situs Kickstarter di mana terdapat sebuah proposal project untuk merealisasikan secara massal sebuah produk development board yang dinamakan CHIP. Yang membuatnya menarik adalah, hanya dalam kurun waktu seminggu saja, Next Thing Co selaku penggagas project ini telah berhasil menghimpun dana hingga $653,000 dan masih terus bertambah. Sampai artikel ini diturunkan dana yang terkumpul sudah mencapai $914,512 dengan total backers 18,066. Padahal target awal mereka adalah hanya $50,000. Hal ini cukup memberikan indikasi bahwa CHIP cukup mendapat apresiasi yang tinggi dari masyarakat khusus para backers yang terlibat dalam penghimpunan dana.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang membuat CHIP begitu fenomenal? Tiada lain adalah fungsi dan kemampuannnya sebagai ultra-compact computer berukuran sebesar kartu kredit. Selain itu, perangkat ini dijual dengan harga yang super murah, hanya $9 saja atau kisaran Rp 118,000 jika dirupiahkan dengan kurs saat ini. Padahal Rasberry Pi saja yang dijual seharga $35 sudah termasuk murah.

Untuk sebuah komputer mini seharga $9, spesifikasi yang diusungnya sudah sangat cukup. Perangkat ini menggunakan unit processor berupa SoC Allwinner A13 berkecepatan 1 GHz, serta sudah dilengkapi pengolah grafis menggunakan GPU Mali 400. Sementara untuk memorinya, terdapat RAM berkapasitas 512MB serta NAND flash storage berkapasitas 4GB. CHIP ini sudah mendukung sistem operasi ringan berupa mainline LINUX yang dapat Anda install di dalamnya. Bagusnya lagi, sistem operasi ini sudah di dukung dengan ribuan aplikasi yang siap untuk digunakan.

HDMI dan VGA adapter

Selain unit board utama CHIP, Next Thing Co juga menghadirkan beberapa aksesoris pendukung yang bisa disematkan langsung pada CHIP seperti adapter HDMI dan adapter VGA.

Rencananya, CHIP akan mulai dikirimkan pada Desember tahun ini. Namun itupun baru unit CHIP-nya saja. Sementara untuk aksesoris pendukung lain seperti baterai, adapter HDMI, adapter VGA, dan Pocket CHIP baru akan tersedia pada 2016.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments