Dengan G-SYNC Tidak Ada Lagi Tearing dan Stuttering

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Sudahkah Anda mendengar teknologi baru keluaran NVIDIA yang bernama G-SYNC? Ya, G-SYNC merupakan teknologi video display terbaru yang akan menjawab segala masalah yang selama ini menjadi kendala para pengguna komputer. Namun sebelum masuk kedalam pembahasan yang lebih lanjut, ada baiknya Anda terlebih dahulu memahami kaitan komunikasi antara monitor dan GPU.

Latar belakang

Secara garis besar , tampilan gambar yang muncul pada monitor yang Anda gunakan menggunakan fixed refresh rate. Umumnya monitor yang beredar di pasaran menggunakan refresh rate kisaran 60Hz, yang artinya bila diterjemahkan, monitor ini mampu menampilkan 60 gambar/ frame dalam setiap detiknya.

Berbeda dengan monitor, GPU ternyata memiki refresh rate yang bervariasi bergantung dengan konten yang diproses. Secara teknisnya, GPU akan memberikan output sinyal grafis kepada monitor berapapun jumlahnya, entah itu sudah tersinkronisasi atau belum. Jadi, apabila GPU memiliki nilai frame rate di atas 60Hz maka tentunya monitor akan menampilkan dua gambar atau lebih dalam satu siklus refresh. Dan hal tersebut ternyata menyebabkan adanya masalah yang dikenal dengan istilah screen tearing atau secara sederhana menyebabkan patahan terhadap gambar yang ditampilkan.  Untuk menjelaskan hal ini, Anda bisa melihat efek screen tearing seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah ini.

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan komputer serta sudah terbiasa menjalankan aplikasi game yang cukup berat. Tentunya sudah pernah menjumpai kendala seperti screen tearing ini. Dan umumnya, sudah bisa diatasi dengan mengaktifkan fitur V-SYNC yang bisa diakses lewat pengaturan di konfigurasi game yang akan dimainkan. V-SYNC akan memaksa GPU untuk mengikuti nilai refresh rate pada monitor sehingga akan  terjadi sinkronisasi antara GPU dan monitor. Meskipun fitur ini dianggap berhasil, Anda ternyata akan dihadapkan dengan masalah baru lagi sebagai dampak penggunaan fitur V-SYNC, yakni Stuttering. Efek stuttering menyebabkan tampilan gambar menjadi tidak lancar serta terjadi efek lag karena meningkatnya latency/delay. Lalu bagaimana menanganinya?

Apa itu G-SYNC?

G-SYNC dapat didefinisikan sebagai sebuah teknologi yang mampu “memaksa” monitor untuk dapat mengikuti nilai frame rate yang dihasilkan GPU. Dengan begitu, monitor kini tidak lagi memiliki fixed rate seperti yang dimiliki monitor konvensional. Terjadinya sinkronisasi yang tepat antara monitor dan GPU tentunya akan menghasilkan tampilan gambar yang halus serta terbebas dari masalah yang terjadi sebelumnya.

Bagaimana fitur G-SYNC ini dapat bekerja? NVIDIA melakukan terobosan inovatif dalam hal ini, di mana mereka merancang sebuah logic board yang ditanamkan dalam monitor. Dengan begitu, monitor yang sudah tertanam teknologi G-SYNC ini akan memiliki refresh rate yang dinamis seperti halnya GPU dengan angka kisaran antara 30Hz – 144Hz.

Nilai yang lebih dinamis ini tentunya memberikan keleluasaan bagi dari monitor ataupun GPU untuk dapat melakukan sinkronisasi satu sama lain secara tepat. Dan pada akhirnya mampu memberikan tampilan yang halus dan lancar sesuai dengan harapan.  Bahkan NVIDIA sendiri memastikan bahwa teknologi G-SYNC ini mampu menampilkan seluruh frame yang di-render oleh GPU ke output monitor hingga nilai refresh rate tertinggi yang dimiliki monitor.

System requirement

Nah sampai pada bagian ini maka akan muncul pertanyaan. Perangkat atau komponen apa sajakah yang dibutuhkan untuk dapat merasakan benefit dari fitur G-SYNC ini. Sebetulnya, hanya terdapat dua komponen penting seperti yang sudah dibahas dibagian awal yakni GPU dan monitor yang sudah tertanam G-SYNC modul.

Untuk GPU-nya sendiri, dibutuhkan GPU dari seri GTX 650Ti Boost atau kelas di atasnya. Namun untuk saat ini, video card dari seri GTX 750Ti mungkin bisa menjadi pilihan paling tepat dengan harga yang terjangkau. Sementara itu dari sisi monitor, NVIDIA sudah mengumumkan ketersediaan monitor dengan teknologi G-SYNC ini di mana beberapa vendor seperti  Acer, AOC, ASUS, BenQ, dan Phillips sudah menginformasikan kehadiran monitor G-SYNC mereka. Beberapa merek seperti ASUS ataupun Phillips bahkan sudah tersedia di situs Amazon dengan kisaran harga yang memang terbilang fantastis, yakni kisaran $600. Cukup dimaklumi memang untuk perangkat yang membawa teknologi baru, apalagi ketersediaan barangnya sendiri masih terbilang langka untuk saat ini.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment