Desktop Barebone Terkecil di Dunia

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr
Jenis mini PC tampaknya memang belum terlalu popular di masyarakat dikarenakan produsen yang bermain di segmen ini masih terhitung dengan jari. Selain itu, spesifikasi yang diberikan juga sangat terbatas dan hanya mampu untuk dioperasikan sebagai mesin komputasi sehari-hari saja.  Lantas apakah mungkin jika jenis mini PC bekerja diluar ekspektasi sebelumnya? Jawabannya tentu saja mungkin.
Intel baru-baru ini telah meluncurkan produk terbaru mereka yang diberi nama NUC (Next Unit of Computing). Perangkat ini merupakan sebuah mini PC revolusioner yang menerapkan form factor 4×4 inch, seukuran telapak tangan orang dewasa. Meski ukurannya mungil, perangkat ini memiliki kemampuan luar biasa. Next Unit of Computing adalah upaya Intel untuk memperkenalkan sebuah form factor baru ke pasaran. Intel sadar bahwa industri komputer mulai beralih menuju form factor yang semakin kecil namun tetap bertenaga. Sebelumnya, sistem dengan form factor kecil selalu dilengkapi dengan konfigurasi hardware yang cenderung lambat akibat keterbatasan komponen. Kali ini Intel mencoba memperkenalkan sebuah form factor baru yang cukup ringkas namun tetap memberikan performa tinggi. Tentunya ini cukup menggiurkan bagi mereka yang mendambakan sebuah perangkat mini desktop yang tidak hanya diperuntukkan sebagai HTPC (Home Theater PC) tapi juga sebagai media visual lain seperti game.
Awalnya Intel mengaplikasikan NUC pada digital signage, sistem embedded, dan sistem sejenis lainnya. Namun, tidak tertutup kemungkinan, Intel juga akan melirik untuk pasar konsumen. Pada Desember 2012, Intel menjual versi NUC pertama mereka yaitu DC3217BY di situs Amazon dan Newegg dengan harga kisaran $300-$320.
Saat ini terdapat dua tipe barebone NUC yang ditawarkan Intel yaitu DC3217IYE dan DC3217BY yang keduanya dimotori processor Intel Core i3 3217U (1.8 GHz, 3MB chace, 17 Watt TDP).  Processor tersebut merupakan processor terbaru bertipe ULV (Ultra Low Voltage) dari generasi Ivy Bridge yang sudah dibekali GPU terintegrasi Intel HD Graphics 4000. Chipset yang digunakan merupakan jenis mobile dengan seri Intel QS77 Express chipset. Chipset tersebut berfungsi untuk mengendalikan protocol USB terbaru yaitu USB 3.0 hingga 4 port, dukungan RAID, jalur network, Intel Wireless Display hingga 3 port independent Display interface.
Picture

Intel NUC DC3217BY

Picture

Intel NUC DC3217IYE

Dari pemaparan spesifikasi tersebut, cukup jelas bahwa, baik tipe DC3217IYE dan DC3217BY, keduanya menerapkan basis hardware yang sama. Jika demikian, lantas apa perbedaan keduanya?  Perbedaan keduanya ternyata terletak pada ketersediaan port. Tipe DC3217IYE memiliki 2 buah port HDMI dan sebuah port Gigabit LAN hal tersebut disesuaikan dengan orientasi penggunaan perangkat ini yang lebih memprioritaskan pada performa dan dan visual. Untuk Tipe DC3217BY, port HDMI yang terpasang ternyata hanya 1 buah. Namun begitu, Intel menggantinya dengan 1 port Thunderbolt yang mendukung fitur daisy chain untuk kemampuan ekspansi dengan perangkat NUC serupa.
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment