Fitur dan Kemampuan Radeon Software Crimson Edition

Radeon Software Crimson Edition

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Mungkin diantara Anda sudah ada yang mendengar kabar tentang peluncuran software terbaru milik AMD, yakni Radeon Software Crimson Edition. Software ini merupakan rancangan ulang dari Catalyst Control Center dengan pembaharuan yang cukup signifikan baik dari sisi fitur, performa maupun kecepatan start up-nya.

Aplikasi ini secara general memiliki fungsi yang sama dengan Catalyst Control Center yang selama ini Anda kenal namun hadir dengan user interface baru yang lebih modern dan user friendly. Selain itu, Radeon Software ini juga hadir dengan beberapa fitur baru seperti : Game ManagerVideo Quality presetsSocial Media integrationSimplified Eyefinity setupSystem notifications tab.

Layout baru yang diterapkan Radeon Software ini terlihat lebih sederhana, hal ini dikarenakan terdapat pengelompokkan pengaturan kategori seperti Gaming, Video, Display, Eyefinity dan System. Dari setiap kategori tersebut, Anda bisa melakukan konfigurasi lebih dalam. Pada kategori Gaming misalnya, Anda akan melihat daftar game-game yang sudah Anda install di komputer. Dengan Radeon Software ini, Anda dapat memilih pengaturan game tersebut secara individual seperti mengatur resolusi, anti-aliasing, dan anisotropic filter atau Anda bisa menggunakan fitur global setting yang akan berlaku untuk semua game yang Anda install.

Fitur AMD overdrive juga tetap dihadirkan di Radeon Software Crimson Edition ini, namun dengan fungsi yang lebih spesifik di mana setiap game dapat diberlakukan pengaturan clock yang berbeda-beda (individual overclock settings).

Pada kategori Video, terdapat sejumlah pengaturan visual seperti Home Video, Cinema Classic, Outdoor, Sport, Vivid dan custom. Sementara pada kategori Display, Anda akan menemukan pengaturan seperti FreeSync, Virtual Super Resolution (VSR), GPU Scaling, dan Scaling mode. Yang menarik, dari slide presentasi yang ditampikan, terdapat dua pengaturan yang berbeda antar Display 1 dan Display 2, hal tersebut mengindikasikan bahwa Anda dapat mengatur setting-an yang berbeda untuk tiap monitor seperti fitur FreeSync hanya diaktifkan pada monitor 1 sementara di monitor lainnya OFF. Begitu pula dengan fitur VSR yang bisa diatur untuk diaktifkan di monitor yang kita inginkan.

Radeon Software ini juga tetap menghadirkan fitur Eyefinity untuk fungsi multi-display seperti pada Catalyst.  Bedanya, pada Radeon Software Crimson Edition ini, terdapat 2 opsi yakni quick setup dan advanced setup. Bagi Anda yang tidak ingin repot, bisa memilih opsi quick setup yang akan melakukan konfigurasi otomatis. Sementara advanced setup bisa dipilih jika menginginkan konfigurasi manual sesuai keinginan.

Pada tab menu System, Radeon Software akan menampilkan sejumlah informasi penting terkait dengan sistem komputer seperti versi driver yang digunakan, jenis GPU, jenis CPU, versi Windows, kapasitas memori, kecepatan memori, dan kecepatan GPU. Seluruh informasi ini bisa Anda salin secara mudah dengan meng-klik tombol “copy all” yang tersedia di sudut kanan atas.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment