Hadirnya 5th Gen Intel Core Processor

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Hadirnya 5th Gen Intel Core ProcessorBerkiblat pada hukum Moore, sepertinya sudah waktunya Intel kembali merilis next generation processor-nya (5th Generation Intel Core Processor). Dan kali ini merupakan tahapan “tick” dalam perubahan arsitekturnya, yang artinya perubahan teknologi fabrikasinya menjadi 14nm.

Saya kali ini beruntung mendapat kesempatan  mengikuti langsung presentasi mengenai “Introducing the 5th Gen Intel Core Processor Family” yang disampaikan Karen Regis Selaku Director, Notebook Roadmap & Strategy PC Client Group Intel. Dalam kesempatan tersebut, Karen menyampaikan bahwa terdapat peningkatan signifikan dari processor terbaru Intel dengan sandi Broadwell ini dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Processor ini akan hadir untuk kali pertamanya pada 5 Januari 2015 yang tersedia dalam 14 SKU. Dengan rincian 10 SKU dengan TDP 15W yang didukung Intel HD Graphics, dan 4 SKU dengan TDP 28W yang didukung Intel Iris Graphics. Intel generasi ke-5 ini juga tidak hanya tersedia dalam keluarga Core i series, tetapi juga hadir untuk seri Pentium dan Celeron.

Secara teknis processor terbaru ini memiliki keunggulan yang cukup signifikan dalam hal performa dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Padahal,ukuran processor-nya justru lebih kecil sekitar 37% dibandingkan 4th Gen Intel Core Processor. Hal yang cukup menarik lagi adalah, ukuran yang kecil tersebut justru sanggup menampung jumlah transistor yang lebih banyak 35% dari generasi sebelumnya.

 

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment