Intel Compute Stick Mengubah Monitor Menjadi PC

This entry is part 1 of 2 in the series PC on a stick
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Intel Compute Stick

Intel sepertinya tidak pernah ketinggalan inovasi. Setelah sukses dengan produk revolusionernya yakni Intel NUC yang mulai diperkenalkan pada tahun 2012 lalu. Kini Intel kembali menghadirkan sebuah perangkat PC yang tak kalah canggih yakni Intel Compute Stick. Sejatinya, perangkat ini merupakan sebuah komputer dengan fungsi penuh yang memiliki ukuran hanya sebesar bungkus coklat saja. Ya, ukurannya sangat ringkas sekali bahkan Anda mungkin tidak akan mengira bahwa perangkat tersebut adalah sebuah PC.

Intel Compute Stick sebenarnya bukanlah perangkat pertama yang mengimplementasikan PC dalam ukuran sebuah flash drive atau dikenal dengan istilah PC-on-a-stick. Sebelumnya telah ada beberapa perangkat serupa, namun hadir dengan menggunakan mikroarsitektur ARM serta sistem operasi berbasis Android. Perlu diketahui, Intel Compute Stick merupakan Perangkat resmi pertama yang mengusung arsitektur x86. Penggunaan mikroarsitektur ini tentunya memberikan benefit tersendiri diantaranya mendukung sistem operasi yang lebih kompleks seperti Windows 8 dan LINUX. Kelebihan inilah yang coba ditawarkan Intel lewat Intel Compute Stick.

intel_compute_stick_specs

Intel Compute Stick dapat dioperasikan melalui interface HDMI. Cukup tancapkan Intel Compute Stick ini dengan port HDMI yang terdapat di monitor/ TV, maka dengan seketika monitor/TV Anda akan berubah menjadi sebuah komputer. Lalu bagaimana dengan dayanya? Intel mengklaim bahwa Intel Compute Stick dapat beroperasi hanya dengan mengandalkan sumber daya listrik yang disuplai melalui interface HDMI. Namun jika monitor yang Anda gunakan bukan keluaran terbaru, Anda dapat menggunakan daya eksternal melalui port USB yang disediakan pada Intel Compute Stick ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami jabarkan spesifikasi yang dimiliki Intel Compute Stick.

Specification

Description

SoC     1.33GHz quad-core Intel Atom Z3735F processor
Memory     1GB/ 2GB DDR3 RAM
Storage     32GB internal storage (also available in 8GB, 16GB and 64GB)
Expansion Slot     MicroSD slot (up to 128GB)
Communication     Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0
Interface     Full-size USB port
Display Interface     HDMI 1.4
Operating System     Windows 8.1 Bing/ LINUX
Power Input     Micro-USB 2.0 B Connector
Power Button     Yes
Adaptor     10W (5V/2A)
BIOS     2MB
LED Indicator     Power status indicator
Dimension     110.9mm x 38mm x  9.8 mm (HDMI connector inlcuded)

 

Dari tabel data spesfikasi di atas terlihat bahwa Intel berencana menghadirkan beberapa SKU dari Intel Compute Stick dengan spesifikasi yang berbeda khususnya dari segi dukungan storage maupun sistem operasi yang digunakannya. Untuk versi Windows, Intel Compute Stick ini akan dibanderol dengan harga kisaran $149. Sementara untuk versi LINUX, Intel Compute Stick akan hadir dengan spesifikasi 8GB internal storage serta 1GB memory DDR3. Untuk harganya sendiri, versi LINUX ini akan dibanderol dengan harga kisaran $89.

Bila Anda perhatikan pada spesifikasinya, Intel Compute Stick ternyata menggunakan interface HDMI 1.4 yang sudah mendukung resolusi 4K. Namun begitu, Intel Compute Stick tampaknya belum bisa mendukung resolusi 4K ini dikarenakan processor Intel Atom Z3735F yang digunakannya ternyata tidak mendukung 4K hardware decoding.

Series NavigationIntel Compute Stick Akhirnya Hadir di Indonesia >>
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments