Kemampuan AMD APU Mullins

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr
Pada tulisan sebelumnya telah dibahas mengenai informasi serta fitur yang hadir pada processor AMD APU terbaru. Nah kali ini, kita akan mencoba untuk menguji kemampuan dari processor tersebut lewat perangkat reference yang didesain oleh AMD sendiri yakni Talbet Discovery.

Perlu diketahui Tablet Discovery merupakan tablet reference AMD berbasis AMD APU Mullins yang ditampilkan pada acara AMD Tech Day 2014 di Singapura. Kali ini kami berkesempatan untuk menjajal kemampuan tablet berukuran 11.6 inci tersebut.

Secara teknis tablet ini menggunakan seri APU Mullins Quad core Micro A10-6700T yang merupakan seri flagship dari APU Mullins. Basis frekuensinya sendiri adalah 2.2 GHz dengan TDP sebesar 4.5 W. Untuk GPU-nya sendiri menggunakan GPU dari GCN yakni Radeon R6 dengan clock sebesar 500 MHz.

Dari sisi koneksitas, Tablet Discovery ini sudah menggunakan koneksitas yang lebih update ketimbang tablet yang saat ini tersedia. Di mana Anda akan menemukan mini Display Port dan micro USB 3.0 seperti yang digunakan pada Samsung Galaxy Note 3.
Untuk segi performa kami sempat mengujikan kemampuan dari tablet ini melalui serangkain pengujian menggunakan aplikasi benchmark sintetis seperti PCMark 8, Cinebench R11 dan 3Dmark 11.
CPU Performance
Pada pengujian pertama kami melakukan pengujian dengan Cinebench R11.5 menggunakan mode multi-thread di mana skor yang diperoleh adalah 1.46 poin. Nilai ini lebih tinggi sekitar 16% bila dibandingkan dengan skor milik Intel Atom Z3740 (Intel Bay Trail-T). Dan terpaut tipis sekitar 19% dari nilai yang diperoleh Intel Core i3-3217U.

Selanjutnya adalah pengujian dengan PCMark 8 di mana skor yang diperoleh AMD A10 Micro-6700T unggul dengan selisih skor hingga 40% bila dibandingkan Intel Atom Z3770.

GPU Performance
Pada pengujian GPU, AMD A10 Micro-6700T kembali menuai angka hasil pengujian yang cukup tinggi disegmennya. Pada pengujian 3DMark 11 dengan preset performance, AMD A10 Micro-6700T memperoleh skor 581 poin. Skor tersebut lebih unggul dari nilai skor yang dimiliki oleh Intel Core i3-4010Y dengan selisih sebesar 1% saja. Di mana untuk tahap pengujian ini Intel Baytrail Z3740 gagal untuk menjalankan aplikasi ini.

Pada pengujian 3DMark (Ice Storm), AMD A10 Micro-6700T kembali mencetak skor yang cukup tinggi yakni 24625. Skor ini jauh menggungguli skor milik AMD A4-5000 (Kabini) dengan selisih skor sebesar 3%. Padahal AMD A10 Micro-6700T menggunakan TDP hanya 4.5 W dibandingkan dengan Kabini yang menggunakan TDP 15W.

Kesimpulan
Hadirnya generasi APU terbaru dari AMD semakin mengukuhkan eksitensi keberadaan APU yang merupakan senjata andalan AMD di segmen low-power hingga mainstream.  APU Beema dan Mullins telah berhasil membuktikan kemampuannya, tidak hanya kemampuan kinerja processor dan grafis yang kompetitif namun juga peningkatan efisiensi daya yang dihadirkan.
Melalui pemaparan di atas juga bisa terlihat peningkatan frekuensi clock baik dari CPU dan GPU bila dibandingkan dengan generasi APU sebelumnya yakni Kabini dan Temash. Di mana peningkatan paling tinggi mencapai 60% pada seri Mullins.
Berbagai inovasi teknologi juga dihadirkan AMD lewat Beema dan Mullins ini diantaranya adalah STAPM seperti yang sudah dijelaskan di atas. Di mana teknologi ini sangat berperan penting dalam peningkatan performa serta mengurangi kebocoran energy. Dukungan platform security hardware lewat fitur PSP juga semakin menyempurnakan kemampuan APU ini. Apalagi saat ini fitur keamanan level hardware adalah sebuah keharusan di mana aksi pencurian data, virus atau malware bisa menyerang kapan saja.
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment