Membawa “Komputer” Kemanapun dengan Memanfaatkan FlashDrive

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

USB Flash Drive Plug In preview image

Judul di atas mungkin bukanlah sesuatu yang asing lagi untuk saat ini, karena komputer mini seukuran FlashDrive nyatanya sudah berhasil diciptakan. Bahkan di Indonesia sendiri perangkat komputer mini yang dikenal dengan istilah Intel Compute Stick (baca juga : Intel Compute Stick Akhirnya Hadir di Indonesia) ini sudah tersedia sejak awal Juli lalu. Harga yang ditawarkan pun tergolong cukup murah, Intel mengonformasi bahwa harga untuk pasar Indonesia ada dikisaran di bawah 2 juta rupiah.

Nah terkait dengan perangkat mini PC ini, sebetulnya terdapat solusi lain yang lebih murah yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan benefit yang sama seperti yang dihadirkan mini PC ini, yaitu dengan memanfaatkan eksternal storage dan teknologi virtualisasi. Eksternal storage yang dimaksud di sini bisa berupa USB FlashDrive, SD card, atau harddisk eksternal. Sementara untuk virtualisasinya, yakni dengan memanfaatkan Hypervisor yang dalam hal ini akan bertindak untuk menciptakan virtual desktop bagi client-nya.

Terdapat beberapa contoh hypervisor yang kita kenal saat ini diantaranya adalah Citrix System melalui XenDesktop dan XenApp serta VMware dengan Workstation-nya. Namun pada kasus ini, kita akan menggunakan WorldDesk yang merupakan salah satu aplikasi hypervisor untuk virtualisasi desktop memanfaatkan model client-side. Aplikasi WorldDesk untuk versi consumer bersifat free sehingga Anda bisa langsung men-downloadnya di http://www.myworlddesk.com/download

Metode virtualisasi menggunakan WorldDesk ini sebetulnya bertujuan untuk memindahkan seluruh lingkungan komputasi yang Anda gunakan di komputer Anda saat ini ke dalam sebuah perangkat eksternal storage seperti FlashDrive.  Nantinya seluruh files, user profile, serta beragam aplikasi akan dikelompokkan dalam satu kontainer dan akan bersifat portable karena terpisah dari sistem operasi maupun hardware. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan seluruh file,dan aplikasi di perangkat lain layaknya menggunakan komputer pribadi.

Website_Old_ModelWebsite_WorldDesk_Model

 

 

 

 

 

Sebelum membuat sistem virtual yang Anda inginkan, terdapat beberapa hal yang harus Anda persiapkan.

  • Sistem operasi Windows 7-64 bit
  • Kapasitas RAM minimal tersedia adalah 2GB
  • Eksternal Storage dengan kapasitas minimal 1.5 GB ( lebih besar tentu lebih baik). Perangkat ini nantinya digunakan sebagai tempat menyimpan sistem virtual Anda sekaligus sebagai lingkungan personal Anda yang nantinya akan di di install berbagai aplikasi, sehingga penggunaan UFD (USB FlashDrive) dengan kapasitas lebih besar tentu akan lebih baik. Dalam kasus ini kami menggunakan FlashDrive Kingston berkapasitas 8GB. FYI, saat ini telah tersedia perangkat USB FlashDrive dengan kapasitas 1TB seperti milik Kingston DataTraveler HyperX Predator. Ukuran kapasitas yang lebih besar tentunya memberikan keleluasaan untuk menampung berbagai aplikasi berukuran besar seperti AutoCAD, Microsoft Office/Visio, Photoshop, Visual Studio, Skype hingga aplikasi game.
hyperx predator

Kingston DataTraveler HyperX Predator

  • Untuk memberikan performa yang optimal (tanpa lag) mengingat hal ini merupakan sistem virtual yang diakses melalui FlashDrive, disarankan menggunakan FlashDrive dengan kecepatan transfer yang tinggi. Perangkat FlashDrive dari Kingston seri DataTraveler HyperX 3.0 bisa dijadikan pilihan. Selain sudah menggunakan interface USB 3.0, kecepatan transfernya sangat tinggi yakni mencapai 225MB/s.
hyperx 3

Kingston DataTraveler HyperX 3.0

  • Dan yang terakhir tentunya Anda harus menyiapkan aplikasi WorldDesk itu sendiri.

Proses Instalasi

  • Jalankan Installer untuk melakukan instalasi WorldDesk di computer Anda
  • Pilih mode instalasi virtual yang ingin Anda gunakan. Terdapat dua mode, yaitu melalui UFD atau melalui DropBox. Pada kasus ini kami menggunakan mode UFD karena aksesnya lebih mudah dan umum digunakan.
  • Pastikan pilihan destinasinya sesuai dengan nama label UFD yang terpasang

worlddesk

Tunggu proses instalasi hingga usai. Ini akan memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menit. Setelah proses selesai, Anda akan menemukan aplikasi WorldDesk yang nantinya Anda panggil, serta satu buah folder yang berisi sistem operasi virtual Anda. Cukup double klik pada aplikasi WorldDesk tersebut untuk menjalankannya. Aplikasi tersebut akan me-load desktop virtual Anda. Ini akan memakan waktu hingga proses konfigurasi selesai.

Ini adalah tampilan desktop virtual Anda. Untuk melakukan pengaturan, Anda dapat mengakses menu bar pada layar. Menu bar ini juga sekaligus sebagai akses untuk men-switch ke host machine.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment