Mengenal Lebih Jauh Mengenai Intel Perceptual Computing

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Intel Perceptual Computing Setup

Sebelumnya telah dijelaskan sekilas mengenai setup dari Intel Pereceptual Computing SDK. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami jabarkan terlebih dahulu hardware and software requirements untuk dapat menggunakan SDK ini jika Anda tertarik untuk mencoba mempelajari dan membuat aplikasi untuk dukungan Intel perceptual computing.

Hardware requirements:

▪2nd and 3rd generation IA-32 or Intel® 64 Intel® Core™ architecture processors

▪1GB free hard disk space

▪Creative* Senz 3D* camera

Software requirements:

▪Microsoft* Windows* 7 with service pack 1 (or later), or Microsoft Windows 8 operating system

▪Microsoft Visual Studio* C++ 2008-2012 with service pack 1 or newer

▪Microsoft .NET* 4.0 Framework for C# development

▪SoftKinetic* DepthSense* SDK runtime 1.0.4 or later for finger tracking

▪Unity* PRO 3.5.1f2 or later for Unity game development

▪Processing* 1.5.1 or later for Processing framework development

▪Java* JDK 1.7.0_11 or later for Java development

▪openFrameworks* v0071 or later for openFrameworks development

▪Havok* Vision* SDK 2012.2.1 or later for Havok Vision SDK development

Untuk penggunaan software, tidak semua software harus Anda install, cukup gunakan salah satu software yang benar-benar Anda kuasai semisal C++ atau Unity.

Software Installation

  1. Download dan jalankan SDK Installer di http://www.intel.com/software/perceptual
  2. Jika pada saat instalasi muncul notifikasi untuk upgrade ke SDK terbaru, maka sangat direkomendasikan untuk melakukan clean uninstall kemudian lakukan instalasi ke SDK terbaru.
  3. Setelah tahap instalasi selesai segera lakukan reboot system.

Camera setup

  1. Jika Anda sudah memiliki kamera Creative Senz 3D, cukup jepitkan pada ujung layar monitorAnda.
  2. Tancapkan konektor USB ke port USB yang tersedia pada notebook/ desktop PC Anda.
  3. Posisikan tubuh Anda di depan monitor di mana kamera mampu menangkap pergerakan Anda. Jarak yang direkomendasikan adalah 12 inci atau sekitar 30 cm agar kamera mampu menangkap pergerakan Anda secara optimal. Berikan jarak antara kedua tangan Anda dengan posisi kepala karena untuk saat ini hand tracking software belum mampu membedakan antara tangan dengan kepala jika jarak keduanya terlalu dekat satu sama lain.

 Camera installation check

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengecek apakah kamera sudah terpasang dengan benar :

  1. Pada startup menu, pilih startup>Intel Perceptual Computing SDK>Tools>Capture Viewer untuk menjalankan capture_viewer Application.
  2. Pada modul DepthSense 325 Audio/Video Capture, pilih color stream, depth stream dan audio stream.
  3. Kemudian klik control>display untuk me-render hasilnya.
  4. Jika tampilan yang dihasilkan pada komputer Anda sesuai dengan yang dihasilkan pada contoh gambar xx, maka kamera sudah bekerja seperti yang diharapkan.

Intel RealSense Technologies ™

Intel RealSense Technologies merupakan teknologi teranyar yang dihadirkan oleh Intel. Teknologi ini dipamerkan pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2014 di Las Vegas, Amerika. Melalui ajang tersebut Intel juga mendemonstrasikan berbagai fungsi dan fitur baru dari teknologi perceptual computing yang tengah dikembangkannya. Intel RealSense sendiri merupakan nama merek yang digunakan untuk menggantikan nama Intel Perceptual Computing terkait kemampuan baru yang akan dihadirkan dari teknologi ini. Teknologi Intel RealSense nantinya akan mendukung device terbaru yang dihadirkan Intel yaitu Intel RealSense 3D yang merupakan perangkat kamera yang nantinya akan terintegrasi langsung pada perangkat notebook, ultrabook, tablet dan bahkan smartphone.

Depth Technologies

perceptual-app01

Intel RealSense 3D camera merupakan perangkat yang mengiplementasikan Depth Technologies. Bisa dikatakan bahwa kamera ini akan memiliki kemampuan layaknya mata manusia di mana kamera ini dapat mengenali objek tertentu dan mampu membedakan objek yang satu dengan yang lain.

Sensor yang diterapkan pada kamera tidak hanya bekerja sebatas menangkap gambar saja, tetapi juga dapat menangkap pergerakan arah gestur wajah.  Hal tersebut membuatnya menjadi teknologi pertama yang mampu menangkap dan mengerti emosi manusia melalui raut wajah yang ditangkap oleh sensor.

Teknologi ini memanfaatkan sensor infra merah serta algoritma tertentu untuk dapat mengkalkulasi objek yang ditangkap oleh kamera di mana cahaya yang dipancarkan akan dipantulkan kembali dari objek ke sensor sehingga kamera dapat mengetahui jarak atau kedalaman dari objek tersebut.

Melihat kapabilitas yang dimiliki Intel RealSense 3D camera tersebut, maka muncul sebuah solusi dalam teknik videografi di mana jika sebelumnya bila kita ingin menghilangkan background atau backdrop yang tidak diinginkan, dibutuhkan sejumlah software serta program yang rumit.  Namun dengan Intel RealSense 3D, untuk melakukan semua itu tidak dibutuhkan software tambahan. Karena Intel RealSense 3D camera melakukan scanning pada objek bukan sebatas meng-capture gambarnya saja sehingga akan sangat mudah untuk mengetahui atau membedakan jarak suatu objek. Dan user mampu me-replace objek yang tidak diinginkan seperti background. Bagusnya lagi, fungsi ini juga berlaku saat user melakukan video recording.

RealSense 3D camera tidak hanya cerdas tetapi juga mudah untuk digunakan. User dapat langsung mengakses item tertentu yang ditampilkan komputer dengan cara menunjuknya dengan jari tanpa bersentuhan secara langsung dengan unit komputer.

Rencananya perangkat kamera ini akan digunakan pada komputer berbasis Windows 8 dan Windows 8.1 seperti pada Ultrabook, notebook, 2 in 1, dan all in one PC (AIO) dari berbagai vendor terkemuka seperti ASUS, Acer, DELL, Fujitsu, HP, Lenovo dan NEC . Untuk DELL sendiri, rencananya akan mengimplementasikan kamera 3D ini pada seluruh unit perangkat komputernya dimulai pada April 2014.

Voice Technologies

 

Sekitar awal tahun 90-an mungkin kita pernah melihat atau menjadi penggemar serial TV “Knight rider”. Film yang diperankan oleh David hasselhoff sebagai pemeran utamanya ini mengisahkan tentang mobil canggih hasil program Foundation for Law and Government (FLAG) yang diberi nama KITT yang merupakan kepanjangan dari Knight Industries Two Thousand. Mobil canggih pontiac Trans am ini memiliki kemampuan yang luar biasa, salah satunya dapat berkomunikasi dengan pengemudinya karena mobil ini sudah berbasiskan mesin pintar (Artificial Intelligent).

Teknologi seperti ilustrasi film di atas ternyata sudah dihadirkan oleh Intel lewat Dragon Assistant yang merupakan teknologi yang dirancang untuk mendukung teknologi Intel Realsense. Dragon Assistant menggunakan pemahaman bahasa alami untuk sistem operasi Windows 8 pada Ultrabook, notebook, AIO dan tablet.  Dengan Dragon Assistant ini Anda akan merasa seperti memiliki asisten pribadi yang mampu melayani kebutuhan Anda hanya lewat perintah suara. Cukup katakan konten yang Anda inginkan, maka Dragon Assistant dengan segera menghadirkannya untuk Anda.

Untuk dapat merasakan teknologi ini, Anda sudah dapat mencobanya sekarang juga di mana perangkat ultrabook, 2 in 1, dan AIO dari Acer, Dell, HP, dan Lenovo sudah tersedia.  Sedangkan untuk tablet, baru akan tersedia pada kuartal pertama 2014 dan perangkat tersebut untuk kali pertamanya akan dihadirkan oleh Lenovo.

Apa saja yang bisa dilakukan

  1. Web Integration

Dengan Dragon Assistant, Anda dapat berinteraksi dengan berbagai website,  social media dan search engine untuk mencari detail sebuah konten tertentu dengan hanya mengucapkan perintah suara secara alami. Gunakan perintah “search Google for Boston Restaurant” untuk mencari hasil spesifik seperti alamat restaurant yang berada di Boston. Sedangkan untuk pencarian lain Anda dapat menggunakan frase yang sama pada Youtube, Wikipedia dan berbagai situs populer lainnya.

  1. Dictation anywhere

Anda dapat memasukan teks ke dalam web, blog, word processor dan aplikasi teks lain secara akurat dengan hanya menempatkan kursor di mana Anda akan memulai memasukan teks. Jangan khawatir jika Anda berbicara dengan cara yang berbeda, Dragon Assistant dapat dilatih untuk hasil yang lebih akurat.

  1. Application Integration

Dragon Assistant juga dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi seperti aplikasi facebook, check email, hingga aplikasi pemutar lagu.

 

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

2 Comments

Add a Comment