Mengenal Teknologi Memristor

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

memristor

Dunia elektronik sebelumnya hanya mengenal 3 tipe komponen dasar yaitu : resistor, kapasitor dan induktor. Namun sejak 1971 konsep mengenai tipe komponen keempat diperkenalkan. Adalah memristor yang memiliki kemampuan mengukur aliran dari arus listrik. Dan baru setelah 37 tahun kemudian HP (Hewlett-Packard) mulai mengembangkannya.

Memristor (memory resistor) merupakan elemen sirkuit pasif dua terminal yang berkaitan dengan muatan dan hubungan flux magnet. Komponen ini dapat mengingat suatu informasi (electric state) meskipun tanpa adanya catu daya (non-volatile). Konsep ini kali pertama diperkenalkan oleh Leon Chua, sorang ilmuwan di UC Berkeley pada tahun 1971. Namun baru pada 2008 tim dari lab HP mengumumkan pengembangan switching memristor yang berbasis pada thin film titanium dioxide.

memristore milestone

Secara konsep, ia bekerja ketika arus listrik mengalir dalam satu arah ke suatu device, maka resistansi  akan meningkat, kemudian bila arus mengalir dari arah yang berlawanan maka resistansi akan menurun. Ketika arus dihentikan maka memristor akan menjaga kondisi terakhir yang terjadi padanya.  Dan ketika arus mengalir kembali, memristor akan melanjutkan keadaan terakhir saat dia aktif. Dengan kata lain ia dapat mengingat jumlah arus terakhir yang melewatinya saat terakhir ia aktif. Diperkirakan memristor memiliki harga yang lebih murah namun memiliki kecepatan yang tinggi. Sehingga tidak diragukan lagi bila ia menjadi kandidat utama yang akan menggantikan flash memory.

Suatu hari memristor akan diimplementasikan ke seluruh tipe komputer terbaru. Mengingat banyak keuntungan yang dimilikinya. Kemampuannya dalam mengingat secara dinamis tidak sebatas logika konvensional seperti boolean.

Para peneliti mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk mencegah memristor untuk diimplementasikan secepatnya ke komputer. Namun semuanya bergantung dari segi bisnis untuk mengkomersilkan segera produk ini. Dalam rentang tahun 2014 hingga 2016 memristor akan segera mengggantikan DRAM dan harddisk.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments