Menuju Era Integrasi dengan Internet of Things

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Internet-of-Things-Trillion-Dollar-Industry

Pada kamis 16 Desember 2014, saya sempat menghadiri undangan acara bincang akhir tahun bersama Intel Indonesia. Tema dari acara tersebut sebetulnya, tidak lebih dari sekedar acara obrolan non-formal dengan beberapa media yang hadir sehingga acaranya pun dibuat sesantai dan senyaman mungkin. Namun ada hal menarik yang disampaikan Harry K. Nugraha, Country Manager Intel Indonesia di sela-sela perbincangan kami, yakni peranan Intel dalam mendukung Internet of Things yang akan segera diterapkan di 2015.

Saat ini, Internet of Things (IoT) telah menjadi sebuah topik hangat dalam industri teknologi yang banyak dibicarakan oleh para ahli. Kecanggihan IoT diyakini dapat mengubah bumi di mana kita tinggal serta setiap kehidupan menjadi lebih baik berkat teknologi. Intel sebagai perusahaan semikonduktor terkemuka di dunia, telah mengembangkan konsep ini selama 35 tahun dan diperkirakan akan menjadi tulang punggung penetrasi IoT secara global melalui prosesor dan teknologi Intel.

Internet of Things adalah sebuah konsep yang sulit untuk didefinisikan dengan tepat. Bahkan, ada beberapa kelompok yang mendefinisikannya secara beragam. Intel sendiri mendefinisikan Internet of Things sebagai suatu aksi yang membuat segalanya menjadi pintar.

Secara definisi yang lebih luas, The Internet of Things (IoT) adalah konsep komputasi yang menggambarkan masa depan di mana benda-benda fisik sehari-hari akan terhubung ke Internet dan dapat mengidentifikasi diri mereka ke perangkat lain. Istilah ini erat diidentifikasi dengan RFID sebagai metode komunikasi, meskipun juga dapat mencakup teknologi sensor lain, teknologi nirkabel atau kode QR. IoT juga dapat menjabarkan objek secara digital dan tidak hanya terhubung pada salah satu pengguna saja tetapi ke database cloud yang memungkinkan bisa diakses oleh pengguna lain yang memiliki otoritas.

Intel saat ini sudah menciptakan serta mengembangkan teknologi komputasi agar dapat membuat kehidupan menjadi lebih mudah dan pada akhirnya saling terhubung dan kaya informasi. Berawal dari inovasi teknologi untuk ciptakan pengalaman baru dalam menggunakan berbagai perangkat, seperti Intel® RealSense™ 3D Camera yang memungkinkan konsumen mengoperasikan komputer tanpa menyentuh layar. Hal ini membuat Intel optimis bahwa berbagai perangkat akan semakin pintar dan saling terhubung, sehingga IoT sendiri dapat mendorong transformasi bisnis melalui pengembangan dan integrasi dari solusi IoT yang terukur dan terintegrasi untuk konsumen.

Internet of Things merupakan evolusi dari berbagai perangkat dan aplikasi yang saling terhubung ke internet, menyatukan kemampuan komputasi agar lebih canggih dan menggunakan analisis data untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat. Untuk mendapatkan informasi yang kaya dan bermanfaat, berbagai perangkat akan saling terhubung ke internet dan pusat data akan mengolah serta menganalisa berbagai data yang terkumpul. Intel memiliki peran yang unik dalam skema ini, di mana kami memiliki berbagai produk yang unggul di industri teknologi mulai dari berbagai jenis perangkat hingga ke sistem/cloud, mempercepat penyebaran solusi IoT dari hulu ke hilir, serta memberikan solusi keamanan dengan McAfee dan piranti lunak Wind River dan ekosistem global dari para pengembang.

Intel optimis untuk menjadi motor penggerak atas implementasi IoT, mengingat Intel memiliki sejarah panjang dan ahlinya pengembangan silikon, piranti lunak dan layanan teknologi lainnya, serta telah memberikan solusi terintegrasi selama lebih dari 35 tahun. Intel juga telah banyak berinvestasi untuk pengembangan IoT. Mulai dari pengembangan lini produk, menginisiasi perjanjian dalam membangun standar IoT, memberikan solusi bagi industry otomotif dan manufaktur, serta menjalin hubungan dengan pengembang dan para peneliti untuk dapat berkontribusi terhadap keseluruhan ekosistem.

Implementasi IoT akan berdampak positif kepada pengembangan berbagai aspek seperti tata kota, manufaktur, retail, dan masih banyak lagi. Salah satu implementasi IoT yang sukses bantu pengembangan sebuah kota ditunjukkan oleh sistem tata kota Dublin, ibukota Irlandia. Kota yang pertama kalinya menggunakan teknologi Intel tersebut membangun sistem deteksi lingkungan dalam mengukur kualitas air dan perubahan cuaca. Dengan bantuan prosesor Intel® QuarkTM, Dublin telah merubah infrastrukturnya menjadi lebih pintar dengan berbagai sensor di seluruh kota yang terhubung, sehingga mempercepat pengumpulan data dan penyebaran informasi ke pihak-pihak terkait termasuk seluruh warganya.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment