Virtual Reality : Omni Virtuix

This entry is part 1 of 5 in the series Virtual reality
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Omni Virtuix merupakan perangkat virtual reality yang menawarkan pengalaman game ketingkat yang lebih tinggi. Perangkat ini terdiri dari omni directional treadmill yang menawarkan permainan lebih nyata karena gamer dituntut untuk berjalan, berlari atau bahkan melompat mengikuti alur game di dunia virtual yang sedang dimainkan. Untuk menunjang kemampuan ini, Omni Virtuix dilengkapi dengan sepatu khusus yang dipakaikan ke penggunanya. “Konsep ini, tentunya dapat memberikan pengalaman lebih memuaskan ke pada penggunanya ketimbang hanya duduk ketika tengah memainkan game” seperti dikatakan CEO dari Omni Virtuix, Jan Goetgelux. Ia juga menambahkan, bahwa adrenalin yang nyata hanya bisa ditemukan lewat berlari dan melompat dalam vitual games.

Ini adalah alasan mengapa Goetgelux bekerja begitu keras merancang dan menguji produk. Setelah dua tahun studi menyeluruh , hasilnya pun akhirnya sukses . Dia dan timnya dapat memperoleh dana sebesar $ 500.000 lewat Kickstarter, padahal target awal mereka hanyalah $ 150.000 untuk dapat memproduksi treadmill serta melanjutkan pengembangannya. Saat ini, mereka telah memiliki jutaan di tangan, dan berharap harga produk akan lebih murah untuk batch berikutnya.

  • Hardware

Secara teknis, Omni Virtuix terdiri dari Treadmill yang dilengkapi  cincin yang ditopang oleh tiang penyangga. User yang akan bermain atau menggunakan Omni Virtuix ini akan berada dalam cincin tersebut yang berisi sensor yang mendeteksi gerakan tubuh pemain. Berbagai gerakan seperti berjalan, berlari dan melompat kemudian akan diterjemahkan sebagai input untuk menggerakan karakter maya dalam game yang tengah dimainkan.

Untuk dukungan game, saat ini memang belum banyak game yang bisa dimainkan dengan Omni Virtuix. Namun game-game yang diusung developer ternama seperti Battlefield 4, COD Black Ops 2, Arma 2, Team Fortress, Crysis tampaknya sudah didukung secara penuh. Anda bisa melihat video gameplay-nya pada link berikut ini http://www.virtuix.com/videos/page/2/ . Kedepannya tentu saja, dukungan game yang dihadirkan akan lebih banyak lagi sehingga dapat memenuhi keinginan user.

Series NavigationVirtual Reality : Project Morpheus >>
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment