Peran Kita menuju Era Digital

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

board

Perkembangan teknologi elektronika khususnya mikroprocessor dewasa ini semakin mempermudah manusia dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan sehari-hari baik untuk penelitian atau hanya sekedar hobi.  Beberapa nama perangkat mikrokontroller 8-bit seperti MCS-51, Atmel AVR mungkin sangat popular di masa sebelumnya sebagai platform untuk berkreasi dengan perangkat elektronik digital. Meski terlihat menarik, untuk mempelajarinya tidaklah mudah. Anda setidaknya harus memahami betul dasar-dasar elektronika serta bahasa pemrograman assembler (low level language) sebagai modal untuk mengoperasikan perangkat tersebut.

Lain dulu lain sekarang, para produsen kini mencoba untuk merambah ke konsumen awam dengan menciptakan perangkat yang lebih user friendly dengan pengoperasian yang mudah. Ada begitu banyak platform untuk menciptakan perangkat digital namun sangat sulit untuk mencari platform yang sesuai dengan fungsi dan kemudahan Anda menguasainya. Beberapa nama yang sudah muncul seperti Raspberry Pi, BeagleBone, Arduino, Intel Galileo, dan UDOO merupakan sebagian kecil contoh perangkat development board yang bisa Anda jadikan acuan untuk belajar sekaligus berkreasi. Bahkan baru-baru ini muncul perangkat development board baru bernama CHIP yang dijual dengan harga sangat murah yakni $9 saja. Sangat murah bukan? Setara dengan harga sebuah USB Flashdrive berkapasitas 16GB.

Umumnya, perangkat tersebut memiliki ukuran yang ringkas, sehingga memungkinkan untuk dikembangkan menjadi sebuah produk baru yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi. Implementasinya pun tidak melulu di bidang IT atau elektronika. Bidang pendidikan, medis, atau bahkan fashion memiliki potensial yang sama. Bagi Anda yang pernah mengukuti berita CES 2015 tentu akan paham karena pada ajang tersebut terdapat peristiwa yang cukup fenomenal di mana Intel menciptakan sebuah Spider Dress yang merupakan sebuah busana dengan konsep kombinasi antara fashion dan teknologi. Sebagai informasi, busana tersebut dilengkapi aktuator berupa motor/servo serta sensor yang dikendalikan oleh Intel Edison.

Spider dress

Meski memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer desktop, perangkat-perangkat tersebut mampu melakukan pekerjaan sederhana hingga yang kompleks sekalipun bahkan dapat menggantikan fungsi PC seutuhnya. Konektivitas yang dimiliki perangkat ini pun sudah memenuhi kriteria sebagai sebuah PC dengan menghadirkan port USB untuk koneksi input device seperti mouse/keyboard serta port output display semisal VGA dan HDMI. Beberapa model juga ada yang yang sudah dilengkapi dengan RJ-45 untuk koneksi internet secara wired.

Dengan segala kemudahan baik dari sisi teknologi dan sisi harga yang semakin terjangkau, maka bukan tidak mungkin setiap orang kedepannya akan mengambil peran yang sama dalam berkreasi dan berinovasi menggunakan perangkat ini. Toh hal tersebut sudah sejalan dengan tujuan dari diciptakannya teknologi bukan? Yakni untuk mempermudah kehidupan kita.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments