Review Aorus X3 Plus

This entry is part 3 of 4 in the series Gaming notebook review
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Merek Aorus mungkin cukup asing terdengar di telinga kita. Hal ini dikarenakan segmen pasar yang menjadi targetnya memang cukup terbatas. Meski begitu, produk gaming notebook dari Aorus sengaja kami hadirkan di pengujian kali ini, sesuai dengan tema yang sedang kami angkat.

Design

Salah satu seri Andalan Aorus yang hadir kali ini adalah Aorus X3 Plus.  Sepintas memang tidak terlalu tampak kesan yang “mengerikan” di notebook ini. Tapi Anda jangan tertipu dengan penampilannya. Gaming notebook ini justru menjadi perangkat yang paling sangar diantara kontestan lainnya. Bagaimana tidak, AORUS berhasil membenamkan spesifikasi komponen premium seperti Intel core i7-4860HQ, memori 16GB, mSATA 512GB Raid 0 dan NVIDIA GTX 870M 6GB di dalam sebuah notebook 13,9 inchi. Bahkan bobotnya sendiri tidak lebih dari 2 Kg, tepatnya hanya 1.8 Kg dengan ketebalan hanya 22 mm. Ajaib bukan?


Nah yang paling mengesankan adalah, notebook ini menjadi satu-satunya notebook dalam pengujian ini yang menawarkan kemampuan layar QHD+ atau format resolusi 3200×1800. Pantas saja, gambar yang ditampilkannya sangat detail dan halus sekali. Sayangnya untuk kualitas audio, hardware yang digunakan memang tidak sebaik yang ditawarkan ASUS maupun MSI.

Notebook / Laptop Gaming Intel Core i7
Notebook / Laptop Gaming Intel Core i7

Specification

Processor Intel Core i7-4860HQ @2.4 GHz
Operating System Windows 8.1
LCD Display 13.9″ QHD+ 3200×1800 anti-glare panel
RAM 16 GB
Chipset HM87
Graphic Controller Intel Iris Pro Graphics 5200/ NVIDIA GeForce GTX 870M 6GB
Communication Integrated 802.11 a/b/g/n/ac (Intel Dualband Wireless-AC 7260), BT 4.0 support, Killer LAN chip
Expansion Slot / Port 3x USB 3.0, 1x MMC reader, 1x mini DisplayPort, 1x Ethernet Port, 1x HDMI, 1x Headphone Out, 1x Microphone
Camera HD Web camera
Optical Drive
HDD / Storage mSATA 512 GB Raid 0
Quick Launch Button Shadow Play, Steam, m1, m2, m3
Paket Penjualan Adapter 19.5 V DC, 9.23 A, 230 W/ QIG, Driver
Battery Li-Polymer 73.26 Wh
Dimensi (PxLxT) / Berat 330(W) x 263.5(D) x 22.9(H) mm(w/ 1.8 Kg)

Performance

Berkaitan dengan performanya, memang nilai total performa keseluruhan dari AORUS X3 Plus ini masih kalah dengan milik MSI maupun ASUS. Padahal dari sisi processor, AORUS X3 Plus ini sudah menggunakan generasi terbaru yakni Intel Core i7-4860HQ 2.4GHz (Crystall Well). Hal tersebut memang cukup beralasan dikarenakan notebook ini masih menggunakan generasi GPU NVIDIA sebelumnya (kepler). Namun jika kita cermati, skor processor pada pengujian konversi video dan rendering (sinlge-core),Intel Core i7-4869HQ unggul telak dibandingkan Intel Core i7-4710HQ 2.5GHz.

Berikut ini adalah hasil pengujian dengan beberapa aplikasi benchmark.

Value

Dari segi fitur, AORUS memang menawarkan sederet fitur menarik yang tidak dimiliki gaming notebook lainnya. Seperti kualitas layar QHD+ serta gaming profile yang memberikan pengaturan game secara mudah. Selain itu, AORUS juga memiliki ukuran dimensi yang sangat tipis dan ringan, jauh dari kesan sebuah gaming notebook yang memiliki dimensi besar dan bobot yang berat.

Untuk harga, gaming notebook premium ini memang memiliki harga yang relatif mahal yakni sekitar $2799.

Lupakan soal harga, jika Anda sudah berkomitmen dengan gaming notebook, maka Aorus X3 Plus ini adalah pilihan yang sangat tepat. Dukungan desain yang modern serta dimensi yang tipis dan bobot yang ringan adalah nilai jual perangkat ini

 

Series Navigation<< Review MSI GT72-2QD DominatorReview ASUS G751J ROG Series >>
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr
  • Total Performance
  • Feature and Performance
  • Design
  • Price

Summary

We Like
Killer Ethernet, layar menggunakan resolusi QHD+, MacroKey, bobot ringan, tipis.
We Don't
minus ODD,  harga relatif mahal, kualitas audio kurang.

3.5

Comments

comments

Add a Comment