Review ASUS G751J ROG Series

This entry is part 4 of 4 in the series Gaming notebook review
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Pada tulisan kali ini, saya akan menghadirkan serangkaian pengujian terhadap beberapa gaming notebook teranyar yang sudah dibekali dengan video diskrit dari seri GTX 870, GTX 970 hingga GTX 980. Beberapa peserta yang hadir, merupakan brand yang memang concern dalam segmen mobile gaming. Dan tentunya Anda pasti sudah mengenal dengan baik, siapa saja mereka?

Awalnya, saya ingin menghadirkan 5 peserta berbeda sekaligus, namun sayangnya, salah satu perangkat ternyata absen hingga waktu yang ditentukan. Sehingga kami hanya menghadirkan 4 peserta saja, yakni ASUS G751J ROG Series, MSI GT72 2QD Dominator, Aorus X3 Plus, dan Xenom Phoenix PX17-X3. Dari seluruh peserta ini, tentunya sudah dibekali keunggulan masing-masing, mulai dari performa grafis, built-in speaker yang menggelegar, fitur networking, resolusi layar dengan 3K dan masih banyak lagi. Untuk itu, simak artikel ini hingga tuntas.

Design

Produk pertama saya coba awali dengan ASUS ROG G751J. Gaming notebook berbobot 4.8 Kg ini merupakan sebuah mesin game yang tak perlu Anda ragukan lagi kemampuannya. Merujuk pada spesifikasinya, jelas bahwa notebook ini memang diciptakan untuk menjalankan game-game berat sekelas Company of Heroes, Battlefied, COD Advanced Warfare dan lain-lain. Dukungan processor grafis dari NVIDIA GTX 970M cukup mudah untuk melahap semua jenis game 3D, bahkan dengan konfigurasi rata kanan sekalipun. Hal ini kami buktikan saat memainkan game Tomb Raider dengan setting Ultimate pada resolusi 1080p. Hasilnya, masih sangat lancar dengan nilai 57.3 fps.

Dari segi desain, notebook kreasi ASUS ini memang terlihat gahar dengan bentuk body layaknya sebuah mobil sport. Notebook ini menggunakan lapisan aluminium pada casing-nya serta dibekali dengan logo ROG yang berpendar. Pada permukaan bagian dalam, ASUS menggunakan end-coating berwarna hitam doff yang semakin memberikan kesan premium. Notebook ini juga dilengkapi dengan full size keyboard dengan LED backlit, lengkap dengan numeric pad serta HotKey untuk screen recording, MacroKey dan akses ke portal Steam.

Notebook / Laptop Gaming Intel Core i7

Specification

Processor Intel Core i7-4710HQ @2.5 GHz
Operating System Windows 8.1
LCD Display 17.3″ 16:9 FHD anti-glare panel
RAM 16 GB
Chipset HM87
Graphic Controller Intel HD 4600/ NVIDIA GeForce GTX 970M
Communication Integrated 802.11 a/b/g/n/ac (Intel Dualband Wireless-AC 7260), BT 4.0 support
Expansion Slot / Port 4x USB 3.0, 1x MMC reader, DVD Multi, 1x ThunderBolt, 1x Ethernet Port, 1x HDMI, 1x D-sub, 2x Headphone Out (SPDIF), 1x Microphone
Camera HD Web camera
Optical Drive DVD Multi
HDD / Storage 1000 GB
Quick Launch Button Shadow Play, Steam, m1, m2, m3
Paket Penjualan Adapter 19.5 V DC, 9.23 A, 230 W/ cable ties, QIG
Battery 8Cells 6000 mAh
Dimensi (PxLxT) / Berat 416 x 318 x 20 ~53 mm (WxDxH) (w/ 8cell battery)/ 4.8 Kg

Performance

Secara teknis, notebook ini memang terlihat cukup ekstrim dari segi spesifikasi. Untuk unit utamanya sendiri, menggunakan processor Intel Core i7-4710HQ @2.5GHz. Processor ini merupakan jenis quad-core processor yang sudah dibekali dengan teknologi HyperThreading. Kemudian dari segi memori, notebook ini dibekali dengan 16 GB memori dan masih bisa di-upgrade hingga total maksimal 32 GB. Sementara dari segi grafis, terdapat GPU terintegrasi dari processor yakni Intel HD Graphics 4600 serta NVIDIA GeForce GTX 970M dengan dukungan video memori sebesar 3GB. Dari seluruh spesifikasi yang dijabarkan, tentunya Anda sudah bisa membayangkan sendiri bagaimana performa yang dimilikinya bukan?

Untuk memberi gambaran, berikut ini adalah hasil Benchmark yang sudah kami lakukan terhadap perangkat notebook ini.

Value

Dari seluruh kemampuan yang ditawarkannya, gaming notebook kreasi ASUS ini memang menjanjikan kemampuan yang andal. Tidak hanya itu, sebagai pemilik brand ternama tentunya ASUS memiliki kredibilitas yang sangat baik dalam menghadirkan produk-produk yang berkualitas. Terlebih, perangkat ini masuk dalam jajaran seri ROG yang memang ditujukkan untuk kalangan gamer dengan dukungan spesifikasi dan kualitas komponen yang tidak main-main.

Untuk pasar Indonesia sendiri, gaming notebook ini dilepas dengan harga kisaran $2149. Cukup mahal memang, jika kita mengacu pada kurs dollar saat ini yang dipatok pada angka 12 ribu.

 

Series Navigation<< Review Aorus X3 Plus
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr
Review Headline
  • Total Performance
  • Feature and Acessories
  • Design
  • Price

Summary

We Like
Gaming center, macro key setting, performa cukup baik.

We Don't
Bobot, harga cukup mahal, kualitas audio kurang optimal.

3.8

Comments

comments

Add a Comment