Review ASUS X550Z : Gaming Notebook dengan Layar 15 inch

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

 

asus x550z 031

Bagi Anda yang tengah menantikan notebook berbasis Kaveri,  beberapa vendor notebook termasuk ASUS, terlihat sudah mulai menghadirkan notebook berprosesor APU ini. Seperti yang dihadirkan di pengujian kami kali ini lewat seri ASUS X550Z.

Notebook kreasi ASUS ini hadir dengan mengusung layar 15.6 Inch. Ukuran yang tidak biasa karena memang khusus diperuntukkan bagi user yang menginginkan pengalaman visual lebih baik. Dengan bentangan layar yang lebih besar, aktivitas bermain game pun akan menjadi lebih puas. User pun dapat memosisikan tubuh dengan tegak tanpa harus menunduk mendekati layar dikarenakan tampilan objek yang kurang jelas akibat ukuran layar yang kecil. Secara tidak langsung, hal ini juga berdampak pada sisi operasional di mana user dapat bekerja berlama-lama di depan notebook ini tanpa merasa pegal dan lelah.

Desain

Desain elegan tampaknya selalu dihadirkan ASUS pada seri notebook-nya dengan material casing luar yang menggunakan rancangan metal finish. Permukaannya pun dibubuhi pola concentric circle design, yakni pola khas yang selalu diterapkan pada produk premium ASUS.

Dimensi yang cukup besar memang sedikit merepotkan jika Anda seorang mobile user. Meski  begitu, bobot dari notebook ini ternyata hanya 2 kg saja. Bobot yang masih dalam batas wajar, mengingat ini merupakan notebook dengan ukuran layar 15.6 Inch.

Dari sisi layout keyboard, ASUS menghadirkan full size keyboard lengkap dengan numeric pad yang terdapat pada sisi paling kanan. Hal ini tentu memberikan keuntungan kepada user di mana proses pengetikan akan menjadi lebih mudah dan akurat. Selain itu, tombol chiclet pada keyboard-nya memiliki key travel yang proporsional, tidak terlalu dalam namun memiliki tactile feedback yang nyaman.

 

X550Z ini juga menyediakan area touchpad yang lebih luas serta dilengkapi dengan dukungan smart gesture. Fitur ini sangat menarik untuk dicoba karena memberikan pengalaman kontrol yang lebih mudah apalagi notebook ini telah mendukung sistem operasi Windows 10 yang menghadirkan interaksi yang lebih intuitif.

Fitur

ASUS X550Z ini hadir dengan dukungan fitur dan interface yang cukup esensial. Pada sisi koneksitas, notebook ini sudah dibekali dengan 3 buah port USB, di mana dua diantaranya merupakan port USB 3.0. Selain itu, notebook ini juga masih menyertakan Optical Disc Super Multi-DVD yang bisa di manfaatkan untuk menjalankan file dari keping DVD atau melakukan proses burning ke DVD. Tidak ketinggalan, terdapat pula port Ethernet untuk mendukung komunikasi jaringan lokal maupun internet via kabel RJ-45. Sementara untuk komunikasi secara wireless, bisa memanfaatkan koneksi Bluetooth atau Wi-Fi.

Port VGA dan HDMI juga tidak absen untuk dihadirkan. Kedua port tersebut bisa dimanfaatkan untuk akses ke monitor eksternal sebagai solusi multi-display untuk menghasilkan tampilan secara extend ataupun mirror.

Performa

Secara teknis, notebook ASUS X550Z ini mengusung processor seri Elite mobility APU dari AMD. Yang menarik adalah, jenis APU yang digunakan untuk tipe ini bukanlah datang dari A-series sebagaimana seri APU yang kita kenal. Namun justru menyandang nama FX yang sebelumnya dikenal sebagai seri high end processor untuk segmen desktop PC. Untuk seri ini, jenis processor yang digunakan adalah tipe FX-7600P dengan 12 compute core ( 4 CPU + 8 GPU) di mana clocknya sendiri berjalan pada 2.7 GHz pada kondisi default dan mencapai 3.6 GHz pada mode turbo.

APU ini ternyata juga sudah dilengkapi dengan dukungan dual-graphics lewat GPU Radeon R7 yang terintegrasi bersama CPU dan R7 M2720DX yang merupakan discrete GPU. Kombinasi Spesifikasi tersebut ternyata mampu menyuguhkan kemampuan yang tidak main-main. Apalagi ditambah dengan dukungan RAM berkapasitas 4GB (DDR3L 1600 MHz) serta storage yang lega hingga 1TB.

Nah, untuk mengetahui seberapa besar kemampuan notebook ini, kami sempat melakukan beberapa pengujian menggunakan benchmark sintetis maupun pengujian dengan game. Di mana hasil yang diperoleh cukup memuaskan.

Dari seluruh pengujian yang dilakukan, ASUS X550Z ini mendapatkan perolehan skor di atas nilai rata-rata notebook di segmennya sehingga sangat layak untuk diperhitungkan.

 

Dari sisi performa, notebook ini memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan gaming penggunanya. Oleh karena itu, spesifikasi yang dihadirkannya pun sudah disesuaikan agar mampu menjalankan berbagai game favorit secara lancar. Dukungan Radeon dual graphics memastikan bahwa game popular saat ini seperti DoTA 2, LoL, CS : Go, Tomb Raider ataupun GTA V sangat lancar untuk dimainkan. Selain itu, dukungan fitur HEVC juga memastikan notebook ini mampu menjalankan konten 4K secara lancar tanpa terkendala lag.  Hal ini juga sudah kami buktikan langsung dengan menjalankan file video berformat 4K.

Harga dan Ketersediaan

Bagi Anda yang ingin memiliki notebook ini, ASUS X550Z sudah dapat diperoleh dengan harga kisaran 7 juta-an. Harga yang cukup kompetitif untuk sebuah perangkat notebook dengan performa yang tangguh untuk kebutuhan komputasi sehari-hari, hiburan hingga gaming.

ASUS X550Z ini juga sudah dilengkapi garansi global hingga 2 tahun lamanya, meliputi biaya service serta penggantian spare part. Panjangnya waktu garansi yang diberikan ASUS ini cukup mencerminkan kualitas produk yang dihadirkannya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan produk ini. Bahkan jika suatu ketika terjadi kerusakan, Anda dapat mengklaim garansi di manapun, di setiap negara yang menyediakan service center ASUS.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment