Review ASUS ZenFone 2 ZE551ML

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

ASUS ZenFone 2 ZE551ML

Kiprah ASUS di bisnis smartphone memang patut diacungi jempol.  Tidak butuh lama bagi ASUS untuk mampu meraih market share yang fantastis. Pada Q1 tahun 2014, penjualan ASUS ZenFone mampu mencapai 10.000 unit, namun menginjak Q4 2014 penjualannya meningkat sangat drastis, mencapai 10.000.000 unit. Hal ini disampaikan oleh Jerry Shen selaku CEO ASUSTeK Computer Inc saat menyampaikan presentasinya di acara Experience 2Morrow yang digelar di salah satu hotel di Jakarta pada 21 April 2015 lalu.

Melihat begitu besarnya animo masyarakat, ASUS akhirnya menciptakan ZenFone 2 yang merupakan generasi kedua seri ZenFone sebelumnya. Perangkat ini hadir dengan kemampuan yang lebih powerful, lengkap dengan berbagai fitur baru yang menyuguhkan pengalaman luar biasa. Lebih jelasnya, simak review ASUS ZenFone 2 berikut ini.

Design

ASUS ZenFone 2 hadir dengan menitikberatkan pada dua faktor, yakni desain yang premium serta performa yang tinggi. Hal ini mengacu pada Zen Spirit yang berarti keseimbangan dan kekuatan yang notabene merupakan konsep utama dari smartphone ini.

Dari sisi desain, Anda akan melihat concentric circle design khas ZenFone dan Zenbook yang ditempatkan pada bagian bawah. Sementara untuk cover belakangnya, ASUS menggunakan material plastik dengan metallic hairline finish yang memberikan kesan metal yang premium. Selain itu, penutup cover belakang menggunakan desain yang melengkung sehingga memberikan rasa nyaman saat digenggam.

ZenFone 2 juga memiliki ukuran yang sangat tipis, hanya 3,9 milimeter saja di sisi tertipisnya. Selain itu, secara dimensi ZenFone 2 ternyata memiliki rasio screen-to-body sebesar 72% yang artinya ASUS berhasil menyematkan layar berukuran 5.5” di body smartphone berukuran 5”. Tidak ayal jika ZenFone 2 ini berhasil mendapatkan penghargaan IF Design Award 2015 di Jerman.

Features

ZenUI

Jajaran produk ZenFone menggunakan antamuka yang dikenal dengan ZenUI. ASUS telah melakukan lebih dari 1000 modifikasi dibandingkan dengan antarmuka standar dari sistem operasi Android.

Pada ZenFone 2, antarmuka ASUS ZenUI dibuat lebih sederhana dan mudah digunakan. Beberapa fitur baru yang dihadirkan adalah ZenMotion dan SnapView. Dengan ZenMotion, user kini dapat membuka aplikasi secara instan dari posisi smartphone terkunci. Yang dibutuhkan hanyalah membuat pattern huruf untuk memanggil aplikasi tersebut. ZenFone 2 sendiri secara default telah menyediakan daftar pattern untuk masing-masing aplikasi yang merujuk pada huruf pertama dari aplikasi tersebut  sebagai contoh ‘c’ untuk camera dan ‘e’ untuk email.

 

Fitur SnapView merupakan solusi yang dihadirkan ASUS untuk menjaga privasi Anda saat menggunakan ZenFone 2. Anda dapat mengatur login terpisah antara akses untuk pribadi dan akses untuk tamu. Dengan begitu, hal pribadi Anda akan tetap aman saat Anda berbagi Zenfone 2 dengan orang lain.

PixelMaster Camera 2.0

PixelMaster merupakan sistem pencitraan unik yang dikembangkan ASUS dengan menggabungkan algoritma ekslusif, hardware terbaik, dan optik spesial untuk menghasilkan kualitas foto terbaik. Sebagai informasi, ZenFone 2 ini dilengkapi dengan dua buah kamera yakni 13MP dibagian belakang dan 5MP di bagian depan. Fitur low light mode kembali dihadirkan di ZenFone 2 ini tentunya dengan peningkatan kemampuan yang lebih baik. ASUS mengklaim bahwa fitur Low Light Mode ZenFone 2 mampu menghasilkan foto dan video 400% lebih terang. Berikut ini kami tampilkan beberapa hasil capture menggunakan camera ASUS pixelmaster.

 

Selain itu, ZenFone 2 juga dilengkapi juga dengan fitur camera manual DSLR, Depth of field, HDR, miniatur, Selfie panorama serta Super Resolution yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi tinggi, mencapai 52 MP.  Resolusi tinggi tersebut dicapai dengan menggabungkan 4 foto 13MP menjadi 1 foto yang 4x lebih jernih.

Specification

Sebelumnya sudah sempat disinggung mengenai spesifikasi dari ZenFone 2 ini. ASUS rupanya merilis 4 varian berbeda bergantung pada spesifikasi yang dimilikinya. Berikut ini adalah penjabaran lengkapnya. Dan untuk unit yang kami uji adalah seri ZenFone 2 ZE551ML (FHD dengan memori 4GB dan storage 32GB).

ZenFone 2 ZE551ML
Layar 5,5 inci, FHD 1920×1080 (~403ppi),IPS Corning Gorilla Glass 3
Prosesor Intel® Atom™ Quad Core Z3580 (2.3GHz)
RAM 4 GB
OS Android 5.0 Lollipop
GPU PowerVR G6430
Internal Storage 32 GB
Kamera 13 MP (belakang), 5 MP (depan)
Dimensi 77,2 x 152,5 x 3,9 mm
Bobot 170 gram
Baterai non-removable Li-Polymer 3000 mAh
Konektivitas GSM/WCDMA: 850/900/1900/2100, 4G LTE: Cat4
Harga Rp3.999.000

Performance

Dibandingkan dengan ZenFone generasi sebelumnya, ZenFone 2 menghadirkan performa yang jauh lebih baik. Dari segi processor yang digunakannya pun ZenFone 2 menggunakan jenis Quad core murni, bukan lagi fitur HyperThreading.

 

ASUS masih memercayakan kemampuan perangkatnya pada SoC Intel Atom. Namun kali ini menggunakan implementasi SoC Intel Atom yang sudah mendukung eksekusi 64-bit lewat seri Intel Atom Z3580 dan Z3560. Dukungan eksekusi 64-bit tentunya memberikan benefit tersendiri karena mampu menangani eksekusi yang lebih kompleks selain itu dukungan kapasitas memori pun jauh lebih besar. Hal ini mejadikan ZenFone 2 sebagai smartphone pertama yang mengimplementasikan 4GB RAM.

Nah untuk menggambarkan kemampuannya, kami sempat melakukan benchmark singkat terhadap perangkat ZenFone ini. Di mana hasilnya bisa dilihat melalui gambar di bawah ini.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr
  • Performance
  • Features and Acessories
  • Design
  • Price

Summary

We Like
Performa kencang, fitur melimpah, kualitas kamera sangat bagus, dlayar Full HD, RAM 4GB, desain ergonomis.
We Don't
Tidak dilengkapi earphone pada pake penjualannya, kemampuan baterai masih kurang, suhu Tskin cukup tinggi saat full load

4

Comments

comments