Review ASUS Zenpad 8.0 Z380KL : Tablet 8 inch Berprosesor Octa Core

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

zenpad 8 (1)

Menurut Anda, berapakah ukuran tablet yang ideal? 7 inci, 8 inci, atau 10 inci? Menurut kami jawaban dari pertanyaan ini adalah relatif, tergantung kebutuhan dari pengguna masing-masing. Toh, sejumlah produsen bahkan menghadirkan variasi ukuran yang beragam untuk seri yang sama. Seperti tablet milik ASUS yang kami hadirkan kali ini, yaitu ASUS Zenpad 8.0 Z380KL.

Dari penamaanya, Anda tentu sudah dapat menebak bahwa ini merupakan tablet berukuran 8 inci. Sebelumnya,  kamipun sempat mencoba seri Z370CG yang tiada lain merupakan seri moderat dari Zenpad yang memiliki ukuran 7 inci. Sepintas, jika membandingkan keduanya, ukuran adalah menjadi satu-satunya pembeda antara Zenpad 7.0 dan Zenpad 8.0. Namun jika diteliti lebih lanjut, perbedaan diantara keduanya ternyata cukup signifikan.

Zenpad 8.0 Z380KL ini bisa dikatakan sebagai top-end model dari jajaran tablet yang dihadirkan oleh ASUS. Dibandingkan dengan seri Nexus, FonePad, ataupun MemoPad, Zenpad 8.0 Z380KL ini memang mengusung spek yang jauh lebih tinggi. Tidak tanggung-tanggung, ASUS menyematkan SoC milik Qualcomm terbaru yakni Snapdragon MSM8929 yang merupakan jenis octa core processor pada Zenpad ini. Jadi dapat dipastikan performa yang dihasilkannya tentu tidak akan mengecewakan.

Design

Dari sisi desain, tablet ini cukup nyaman untuk dipegang dan tidak licin karena ASUS menerapkan desain cover belakang pada ZenPad 8.0 ini menggunakan material kulit sintetis yang elegan. Kesan premium cukup terasa ketika melihat tablet ini untuk kali pertama. Metallic finish pada bagian tepi yang mengelilingi layar membuatnya terlihat mewah, meskipun pada kenyataanya, material yang digunakan adalah plastik.

Meskipun mengusung nama “Zen” seperti yang digunakan pada Zenfone ataupun Zenbook. Kami tidak menemukan konsep Zen serupa yang dihadirkan pada Zenpad ini. Ciri khas produk Zen yang selalu menghadirkan pola concentric circle design tampaknya absen pada Zenpad ini.

zenpad 8 (3)

Ukuran layar 8 inch dengan rasio display dan body > 72%

Untuk fungsi kontrol, Anda akan menemukan 3 buah tombol kapasitif yang posisinya berada di bagian depan bawah, tepat di atas logo ASUS. Ketiga tombol tersebut adalah tombol back, home, dan apps switcher.  Menariknya, tombol apps switcher bisa Anda fungsikan sebagai tombol untuk melakukan screenshot dengan terlebih dahulu mengaturnya di menu setting. Selain tiga buah tombol kapasitif, Anda juga akan menemukan tombol fisik berupa tombol power, volume up, dan volume down di bagian sisi kanan tablet ini.

zenpad 8 (2)

Back cover menggunakan Zen Case dengan tekstur mirip kulit

Pada bagian belakang, Anda akan menemukan sebuah kamera dengan resolusi 8 megapiksel yang diposisikan berada di sudut kiri atas. Sementara pada bagian depan, dilengkapi dengan kamera beresolusi 2 megapiksel yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto selfie ataupun video call.

Lapisan berkontur seperti kulit yang dikenal dengan istilah Zen Case menghiasi bagian back cover-nya. Ini merupakan inovasi yang dihadirkan ASUS untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna ketika menenteng tablet ini, sekaligus memberikan kesan mewah layaknya sebuah produk premium. Menariknya, bagian cover ini bisa dilepas pasang dan digantikan dengan Zen Case yang lain. ASUS rupanya meyediakan beberapa opsi dengan 5 warna yang atraktif yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Display

Salah satu faktor penting dari sebuah tablet jelas pada kualitas layarnya karena disinilah semua materi visual tampil ke hadapan pengguna. Untuk memberikan pengalaman visual terbaik inilah ASUS menghadirkan teknologi VisualMaster di ZenPad 8.0 Z380KL yang melibatkan software dan hardware guna mengoptimalkan seluruh aspek tampilan, termasuk kontras, ketajaman, warna, kejernihan dan kecerahan. Teknologi yang juga diimplementasikan pada beberapa jajaran Zenbook ini bertujuan memberi tampilan yang cemerlang dan detil serta menghadirkan fitur display terbaik sesuai kebutuhan pengguna.

Untuk display sendiri, Zenpad 8.0 Z380KL ini menggunakan resolusi 800 x 1280 dengan kerapatan /density sebesar 213 dpi. Bagi perangkat berukuran 8 inch, spesifikasi untuk layar tersebut memang dirasa kurang mengingat untuk seri Zenfone sendiri, ASUS membekalinya dengan resolusi yang lebih tinggi yakni 1080p dengan kerapatan hingga 401 dpi.

Camera

Seiring dengan tren kamera pada gadget untuk kebutuhan dokumentasi, ZenPad 8.0 Z380KL juga dibekali kamera untuk aktivitas fotografi ringan dengan kamera depan 2MP dan kamera belakang 8MP (autofocus). Menariknya, teknologi kamera PixelMaster turut dihadirkan di perangkat tablet ini yang memberikan banyak kemudahan dalam melakukan pengambilan gambar hingga proses editing-nya.

HDR

Sejumlah fitur menarik seperti HDR, beautification, low light, selfie, panorama, time lapse, time rewind serta fitur menarik lainnya turut dihadirkan di tablet ini. Tentunya hal tersebut mampu memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan kreasi foto ataupun video dengan memanfaatkan sejumah fitur instan yang disediakan.

User Interface

Zen UI tetap menjadi andalan ASUS dalam menghadirkan tampilan interface yang simple namun tetap modern. Terdapat sejumlah themes yang tersedia secara gratis maupun berbayar dengan warna dan desain yang unik serta di-update secara berkala.

 

Antarmuka ZenUI yang baru kini memunculkan fitur baru yang bernama Quick Find dengan cara menarik layar bagian atas (dibawah bar notifikasi) kebawah. Fitur ini akan menampilkan rangkaian aplikasi yang sering diakses serta hal yang tengah tren dalam pencarian Google. Fasilitas ini akan mempermudah pengguna mengakses hal aplikasi yang sering dipakai dan selalu update dengan hal baru yang tengah diperbincangkan orang di Internet.

Spesifikasi & Performa

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, ASUS  Zenpad 8.0 Z380KL ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Jenis SoC yang digunakan adalah Qualcomm MSM8929 Snapdragon 615 yang merupakan jenis processor dengan 8 inti (octa core) berkecepatan 1.3 GHz. Sementara untuk GPU-nya mengandalkan Adreno 405.

Untuk lengkapnya Anda bisa melihat tabel spesifikasi berikut ini :

 

Brand ASUS
Model Name Zenpad 8.0 Z380KL
Operation System Android TM 5.0 Lollipop
Display 8-inch IPS HD Panel wih ASUS Tru2Life Technology WXGA(1280×800), 216 Pixel per inch. ASUS TruVivid Full lamination technology IPS with 178 degree wide view angle Super Anti-Scratch Corning® Gorilla® Glass. 10 finger multi-touch, Anti-finger Coating, 76,5% screen to body ratio. Zen Motion support Touch Gesutre
CPU Qualcomm MSM8929 Snapdragon 615 Octa-Core Processor  1,3GHz64-bit, support 3D graphic
Graphics Adreno 405
Memory 32-Bit Single channel LPDDR3 3GB RAM
Storage 32GB + 16GB of ASUS WebStorage (5 GB for life+ 11GB for the 1st year)
Connectivity WiFi 802.11 b/g/n – Bluetooth 4.0 with A2DP, aptX – Wi-Fi Direct – Support Miracast
Network Standard 4G-LTE: 2100 (1) / 1900 (2) / 1800 (3) / 850 (5) / 2600 (7) / 900 (8) / 800 (2)3G-WCDMA : 900/2100/850/19002G : EDGE/GSM:850/900/1800/1900
Camera Rear Camera : 8MP,Auto-Focus, F2.0, PixelMaster Camera for brighter photo and video up to 400% with low light mode, Zero Shutter Lag (rear),720p@30fps video recording, IR filter, Beautification, Panorama, HDR
Front Camera Front Camera: 2MP with 140-degree wide-angle selfies and beautification mode
Audio 1 x Front Speaker  with DTS HD Premium Sound  MP3, AAC, AAC+, 3AAC+, MIDI, WAV, FLAC, DTS
Interface 1x MicroUSB 2.0 wiith USB host support. 1×2-in-1 Audio Jack (Headphone/Mic-in). MicroSD card support up to 128GB SDXC, Single Micro SIM
Battery 10,5 hours battery life. 15,2Wh, 4000 mAh.  Li-polymer battery
Navigation GPS/A-GPS/GLONASS
Sensor Accelerometer/G-sensor/E-compass/Light Sensor/Hall Sensor/Proximity Sensor
Colors

Premium embossed leather patterns
Leather Black, Pearl White, Aurora Metallic

Dimension 209 (W) x 123 (L) x 8,5 (H) mm
Weight 350 g
User Interface ASUS ZenUI 2.0 with over 1000+ software enhancement(What’s Next, ZenLink, Kids Mode, ASUS Splendid, etc
Video Playback :1080p@30fps, Format : MP4, M4V, 3GP, 3G2, AVI, MKV, WEBM

Performa

Melihat spesifikasi yang diusung oleh tablet ini, sepertinya kemampuan yang dihadirkan sudah tidak perlu diragukan lagi. Meski begitu, kami tetap harus mengujinya langsung untuk membuktikan kemampuan real-nya. Sejumlah aplikasi benchmark serta game pun sudah kami siapkan untuk diujikan pada tablet ini. Dan berikut ini adalah hasil yang kami dapatkan :

3DMark Icestorm 8592
3DMark Icestorm Extreme 4806
3DMark Icestorm Unlimited 7563
Antutu Benchmark 30627
GeekBench Single Core 599
GeekBench Multi Core 2322
GeekBench Baterry Score 2589
GeekBench Baterry Test 06:28:20

Harga & Ketersediaan

Bagi Anda yang tengah mencari tablet baru dengan dukungan spesifikasi yang cukup tinggi, ASUS Zenpad 8.0 Z380KL ini bisa menjadi pilihan. Harga yang ditawarkannya pun masih terbilang terjangkau mengacu pada spesifikasi serta fitur yang ditawarkannya.

Berdasarkan informasi dari situs ASUS store, tablet Zenpad 8.0 Z380KL ini dijual dengan harga kisaran 3,299,000 rupiah dan sudah bisa diperoleh di sejumlah retailer maupun e-retailer.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment