Review ASUS ZenPower : Powerbank 10050mAh Seukuran Kartu Kredit

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

ASUS ZenPower

Jika Anda melihat sekeliling Anda saat ini, setidaknya terdapat satu atau dua perangkat elektronik yang mungkin sudah sangat akrab dengan kehidupan Anda. Entah itu ponsel, notebook, tablet, jam tangan, mp3 player dll. Seluruh perangkat elektronik tersebut bila kita perhatikan memiliki korelasi yang sama, yaitu perangkat elektronik portable yang notabene membutuhkan baterai sebagai catu dayanya.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, perangkat elektronik tersebut mengalami perkembangan teknologi yang cukup cepat baik dari segi kemampuan, desain, fitur dan sebagainya. Namun sayangnya untuk urusan baterai, perkembangannya justru tidak terlalu signifikan. Padahal baterai merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi perangkat mobile.

Umumnya baterai pada perangkat elektronik seperti tablet ataupun smartphone hanya mampu bertahan selama satu hari, bahkan bisa habis lebih dini jika digunakan secara intensif. Untuk mengatasi hal tersebut, user umumnya menggunakan powerbank sebagai antisipasi bila tidak menemukan power outlet.

Nah berkaitan dengan hal ini, kami akan coba untuk mereview salah satu perangkat powerbank terbaru yang dikeluarkan oleh ASUS yakni ASUS ZenPower. Nah penasaran seperti apa? Berikut ulasannya.

Design

Masalah yang kerap terjadi ketika menggunakan powerbank adalah bentuk dan ukurannya yang kurang praktis. Umumnya, ukuran dari powerbank berbanding lurus dengan besar kapasitas yang dimilikinya sehingga sedikit merepotkan.

ASUS menghadirkan inovasi menarik melalui produk powerbank-nya yakni ASUS ZenPower. Di mana bentuk dan ukuran yang dihadirkannya sangat compact, hanya seukuran sebuah kartu kredit. Bentuknya pun cukup ergonomis serta terasa kokoh ketika digenggam. Adapun untuk material casing-nya, ASUS ZenPower menggunakan aluminium ringan yang dipoles dengan proses anodisasi agar tampak berkilau.

 

ASUS ZenPower tersedia dalam berbagai pilihan warna yakni Osmium Black, Sheer Gold, Glamor Red, Azure Blue, dan Brilliant Silver yang memberikan keleluasaan kepada user untuk memilih warna yang disukai.

Dari segi bobot, ASUS ZenPower sangatlah ringan, hanya 215 g saja. Bobotnya yang ringan serta ukurannya yang compact membuatnya mudah untuk dimasukkan dalam saku baju atau celana Anda.

Features

ASUS ZenPower dapat digunakan untuk segala jenis brand gadget karena sudah dilengkapi dengan kapasitas sebesar 10.050mAh untuk memenuhi kebutuhan daya baterai gadget Anda.

Sebagai gambaran, jika digunakan untuk memasok daya ASUS Zenfone 5, ZenPower bisa mengisi ulang baterai smartphone tersebut lebih dari 3x. Baterai ASUS Zenfone 6 dan ASUS Zenfone 2 bisa diisi lebih dari 2x, sementara jika digunakan untuk mengisi penuh baterai ASUS Nexus 7, ZenPower akan masih memiliki daya yang tersisa untuk menambah energi gadget yang lain.

ASUS ZenPower juga menawarkan kecepatan charge dengan efisien dan kecepatan tinggi hingga output 2.4A. Baterai yang digunakan adalah Lithium-ion Rechargable Cell dengan rated capacity 3.6V/10.050mAh buatan Panasonic.

User juga tak perlu khawatir, saat diproduksi, port USB pada ASUS ZenPower sudah dites hingga 5.000 kali. Dengan asumsi port USB digunakan tiga kali dalam sehari, artinya, port tersebut akan dapat digunakan dengan baik oleh end user selama 4,5 tahun. Port ini juga memiliki fitur load detection yang mampu mendeteksi perangkat saat plug-in ataupun plug-out.

ASUS ZenPower juga dilengkapi dengan 11 teknologi pengamanan. Temperature protection, short circuit protection, reset protection, input over voltage protection, output over voltage protection, input reserve direction protection, over charge / over discharge protection, output over current protection, cell PTC protection, adapter protection dan JEITA protection. Selain menjaga keamanan, semua fitur-fitur tersebut diharapkan dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai gadget Anda.

Selain itu, ASUS ZenPower juga sudah mengantongi 6 sertifikat keselamatan international mulai dari CE, UL, CB, EAC, TISI, BSMI sehingga memastikan bahwa perangkat powerbank ini aman.

Specification

Berikut ini adalah spesifikasi detail yang dimiliki oleh ASUS ZenPower.

Main Spec. ABTU005
Battery Type Japanese Lithium-ion rechargeable cell
Input / Ouput DC 5V 2.0A / DC 5V 2.4A Quick Charging
Rated Capacity 3.6V / 10.050mAh
Charging Time 5,5 Hours with standard 5V/2.4A cable, 6 Hours with standard 5V/2A cable
Size / Weight 90.5 x 59 x 22 mm | 215g
Protection Input OVP, OCP;  Output OVP, OCP short protection; cell protection including OVP, OCP; thermal protection during charge and discharge stage; adaptor protection, Jeita protection
Charging Temperature 0°C ~ 40°C
Colors Osmium Black, Sheer Gold, Glamor Red, Azure Blue, Brilliant Silver
Accessories (Optional) ZenPower Bumper
MSRP Rp 269.000
Warranty 6 months

Performance

Untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan dari powerbank ini, kami mencoba melakukan beberapa pengujian untuk melihat kapasitas real yang dimiliki serta waktu tempuh saat melakukan charging.

Metode pengujian yang kami terapkan mulai dari power bank kosong hingga benar-benar kosong kembali. Semua durasi, mulai dari proses charging hingga proses discharge, kami kumpulkan untuk mengetahui seberapa jauh kekuatan baterai dalam power bank tersebut. Tidak lupa, fitur dan perlengkapan termasuk hal yang kami perhitungkan dalam penilaian.

Sebelum itu, terdapat beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui terkait spesifikasi baterai dalam powerbank. Umumnya spesifikasi yang tertera pada sebuah powerbank adalah spesifikasi dari kapasitas baterai, bukan kapasitas outputnya. Banyak terjadi salah paham mengenai informasi ini. Namun, kami akan coba menyederhanakannya dengan menampilkan tabel informasi mengenai perbandingan kapasitas baterai dengan kapasitas output. Di mana kapasitas output mengacu pada nilai efisiensi dari power bank  tersebut. Jenis powerbank yang baik umumnya memiliki nilai efisiensi antara 80% hingga 90%. Sebagai contoh, powerbank dengan kapasitas baterai 10000 mAh akan memiliki kapasitas output antara 5920 mAh dan 6660 mAh.

The math used: rated capacity*3.6/5*efficiency = expected output capacity

Berdasarkan pengujian yang dilakukan, ASUS ZenPower mampu mengisi daya baterai pada ASUS ZenFone 2 (3000 mAh, posisi handphone menyala) dari kondisi 10% dari kapasitasnya hingga fully charged 100% hanya dalam waktu 2 jam 40 menit. Perlu diketahui Setelah digunakan untuk proses charging ini, indikator pada ZenPower masih menyisakan 3 LED yang menyala dari 4 LED yang tersedia.

Jika kita asumsikan bahwa efisiensi dari ZenPower ini adalah 90% di mana kapasitas output pada kondisi fully charged adalah 6331.5 mAh, maka kapasitas yang tersisa saat ini adalah 75% ( mengacu pada indikator 3 LED yang masih menyala). Sehingga nilai kapasitas yang tersisa saat ini ada pada kisaran 4748.6 mAh. Nilai ini masih cukup untuk men-charge perangkat ZenFone 2 sekali lagi. Hal ini sesuai dengan klaim yang diberikan ASUS seperti yang sempat disampaikan sebelumnya.

Sementara untuk proses pengisian sendiri, ZenPower ini membutuhkan waktu setidaknya 6 jam hingga terisi penuh menggunakan charger dengan spesifikasi 5V/2 A seperti yang dimiliki ASUS ZenFone 2.

Conclusion

Ditengah maraknya perangkat powerbank dengan berbagai merek, ASUS tampil melalui perangkat ZenPower dengan segala keunggulan fitur maupun performa yang dimilikinya. Meski jadi pemain baru di segmen portable charger, ASUS mampu membuktikan kemampuannya lewat perangkat yang berkualitas bahkan dengan harga yang terjangkau.

Adapun yang menjadi catatan adalah, minimnya perlengkapan di paket penjualannya. Hanya tersedia unit ZenPower, dokumen pendukung serta 1 buah kabel USB. Sementara untuk adaptornya, Anda harus membeli terpisah. Meski mendukung adaptor yang digunakan smartphone. Namun rate input dari adaptor pada umumnya menggunakan 5V/1A yang otomatis akan memakan waktu lebih lama untuk proses charging ke ZenPower ini.

 

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr
  • Performance
  • Features & accessories
  • Design
  • Price

Summary

We Like
Desain compact, fast-charging dengan ouput rate 2.4A, kapasitas baterai besar, temperatur kerja tidak panas
We Don't
Tidak menyediakan parallel charging, indikator hanya berupa LED, tidak menyertakan adaptor

3.9

Comments

comments