Review ECS LIVA X

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

ECS LIVA X
ECS kembali menghadirkan versi terbaru dari LIVA, yakni LIVA X dengan tampilan baru serta spesifikasi yang lebih update. LIVA X hadir dengan bentuk yang lebih sederhana, yakni sebuah kotak persegi empat berukuran 135 x 83 x 40 mm. Ukurannya sangat kecil sekali untuk sebuah PC desktop, Anda bahkan dapat memegangnya hanya dengan satu tangan.

Dari sisi desain, LIVA X tampaknya mengusung konsep yang lebih sederhana dibandingkan generasi awalnya. Di mana bentuk yang dihadirkan hanya sebuah kotak persegi panjang tanpa tambahan kaki penyangga seperti yang dimiliki LIVA generasi pertama.

ECS LIVA vs ECS LIVA X

Spesifikasi

Secara teknis, perangkat ini menggunakan processor Intel BayTrail yang merupakan SOC baru milik Intel dari mikroarsitektur Silvermont. Jenis SKU yang digunakan adalah Intel Celeron N2808 @1.5GHz dan  sudah dibekali pula dengan grafis terintegrasi yaitu Intel HD Graphics. Sementara untuk dukungan memorinya, terdapat memori internal DDR3 berkapasitas 2GB. LIVA X ini juga ternyata sudah dibekali dengan eMMC berkapasitas 32GB sebagai storage tambahan. Untuk lebih jelasnya berikut kami tampilkan detail spesifikasinya.

Manufactur ECS
Kontak ECS Indonesia
Website www.ecs.co.id
Processor Intel Celeron N2808 @1.5 GHz
RAM 2 slot SODIMM 1333/1600 MHz
Graphic Controller Intel HD Graphics
Communication Ethernet, Wi-Fi, Bluetooth
Port 2x USB 2.0, 1x USB 3.0, 1x HDMI, Ethernet, VGA, Audio jack, DC-in
Optical Drive
HDD / Storage mSATA support/ eMMC 32GB soldered
Paket Penjualan Kabel power, adaptor, QIG
Dimensi 135 x 83 x 40 mm
Garansi 1 tahun (Component)

Performance

Dari segi performa, LIVA X ini sangat nyaman untuk digunakan dalam bekerja dengan berbagai aplikasi wordprocessing ataupun difungsikan sebagai media hiburan. Ukurannya yang mungil juga sangat praktis untuk dipindah atau ditempatkan di mana saja bahkan Anda dapat menempatkannya di belakang monitor karena perangkat ini mendukung VESA mount. Konsumsi dayanya pun cukup irit, pada kondisi full load sekalipun total daya yang terpakai hanya mencapai 10 W saja.

Untuk segi interface ECS LIVA X ini cukup menghadirkan port dan koneksitas yang esensial, diantaranya port HDMI, VGA,  1x USB 3.0, 2x USB 2.0, port Ethernet dan port audio. Sementara untuk paket penjualannya, LIVA X ini juga dilengkapi dengan VESA mounting kit, manual book, serta driver.

Value

Dari sekian banyak tawaran mini PC, ECS LIVA X hadir dengan tampilan yang berbeda. Ukuran form factor yang dimilikinya pun menggunakan standar ukuran custom yang jauh lebih kecil dari form factor UCFF seperti yang dimiliki NUC milik Intel.  Tidak salah bila ECS mengklaim bahwa LIVA X ini sebagai “World’s Smallest Windows Based Mini PC Kit”.  Dari segi harga (ECS LIVA X memiliki penawaran yang cukup menarik. Terdapat beberapa variasi harga untuk LIVA X ini terkait dengan dukungan komponen yang digunakannya. Untuk konfigurasi 2GB RAM dengan storage berkapasitas 32GB LIVA X dibanderol dengan harga kisaran Rp 2.300.000. Sementara untuk konfigurasi 4GB RAM dengan storage berkapasitas 64GB, LIVA X akan dibanderol dengan harga kisaran Rp 3.200.000.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr
Review Headline
  • Total Performance
  • Feature and Accessories
  • Design
  • Price

Summary

We Like
Compact, ergonomis, harga terjangkau.
We Don't
Storage bawaan tidak bisa diinstall Windows 7, masih mengadopsi storage jenis mSATA padahal saat ini sudah beralih ke M.2, suhu operasional cukup tinggi karena tidak dilengkapi kipas.

3.8

Comments

comments