Review HP Pavilion Mini Desktop 300-012d

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr


Dengan semakin populernya perangkat mini PC berbasis UCFF (Ultra Compact Form Factor)  yang dipelopori oleh Intel NUC. HP akhirnya merilis perangkat mini PC yang mengadopsi NUC milik Intel dengan nama Pavilion Mini Desktop 300-012d . Dibandingkan dengan NUC, HP Pavilion mini desktop ini memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dan bentuknya lebih mirip dengan sebuah bowl atau mangkuk.

SPECIFICATION

Secara teknis, perangkat ini menggunakan processor Intel generasi Haswell yakni intel core i3-4025U. Dan sudah dibekali pula dengan grafis terintegrasi yaitu Intel HD Graphics 4400. Sedangkan untuk memori dan storage-nya menggunakan harddisk 2.5 inch berkapasitas 500GB serta satu slot memori SODIMM berkapasitas 2 GB. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat tabel spesifikasi berikut ini.

Processor Intel Core i3-4025U @1.9GHz
Memory 2 slot SODIMM 1333/1600 MHz
Graphic Controller Intel HD 4400
 Communication  Ethernet, Wi-Fi, Bluetooth
Port 4x USB 3.0, 1x HDMI, DisplayPort, Ethernet, Audio jack, DC-in
Optical Drive
HDD / Storage 500GB
Paket Penjualan Kabel power, adaptor, QIG, wireless mouse and keyboard
Dimensi 42.8 mm x 107.6 mm x 114.4 mm
Garansi 1 tahun

Untuk segi interface, HP Mini desktop ini cukup menghadirkan port dan koneksitas yang esensial, diantaranya port HDMI, DisplayPort, 4x USB 3.0, port Ethernet dan port audio. Sementara untuk paket penjualannya, mini desktop ini juga dilengkapi dengan keyboard serta mouse wireless lengkap dengan dongle Bluetooth-nya.Sebagai sebuah PC desktop, tentunya akses upgrade terhadap perangkat ini masih dapat dimungkinkan meskipun terbatas. Layaknya sebuah perangkat notebook, perangkat ini hanya mengizinkan Anda untuk mengupgrade bagian komponen tertentu seperti harddisk dan memori. Anda bisa mengganti komponen harddisk dengan SSD jika menginginkan kinerja lebih tinggi, sementara untuk memori tersedia 2 slot dari 1 slot yang sudah terisi.

Dari dukungan interface yang dimilikinya, Anda dapat menggunakan dual monitor sekaligus pada perangkat mini PC ini dengan memanfaatkan port HDMI dan DisplayPort. Dengan begitu Anda bisa lebih produktif dalam bekerja ketika menggunakan mini PC ini.

PERFORMANCE

Dari serangkain pengujian, mini PC besutan HP  ini mampu mencetak nilai yang cukup memuaskan. Hal ini tentu saja tidak lepas dari dukungan komponen dengan spesifikasi mumpuni yang dibenamkan pada perangkat mini PC ini. Untuk memberikan seberapa besar kemampuannya, berikut ini kami tampilkan diagram perbandingan dengan beberapa perangkat mini PC lainnya.

VALUE

Jika dibandingkan dengan perangkat desktop saat ini, mini desktop keluaran HP ini bisa dijadikan perangkat pengganti desktop tower Anda, bukan lagi sekedar sebagai perangkat alternatif. Hal ini merujuk pada kemampuan performanya serta kelebihan lain seperti dimensi, bobot, desain yang ergonomis serta harga yang relatif murah. Untuk pasar Indonesia sendiri, HP mini desktop ini dijual dengan harga kisaran 3.500.000 lengkap dengan keyboard dan mousenya. Cukup murah bukan?

(+) Desain ergonomis, paket penjualan sudah dilengkapi wireless keyboard dan mouse, performa cukup baik, sudah dilengkapi Windows 8, low power

(-) Tidak mendukung VESA mount

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment