Review MSI GT72-2QD Dominator

This entry is part 2 of 4 in the series Gaming notebook review
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Jenis gaming notebook lain yang tak kalah menarik datang dari MSI lewat seri GT72 2QD Dominator. Notebook ini sejatinya dapat dikatakan sebagai sebuah desktop PC yang dikemas dalam bentuk notebook. Hal tersebut dikarenakan notebook ini membenamkan berbagai komponen premium yang biasanya hanya terdapat di perangkat desktop PC.

Design

Seperti umumnya perangkat notebook khusus gaming, MSI GT72-2QD Dominator ini memiliki dimensi yang besar serta bobot yang berat. Tanpa adaptor, berat dari notebook ini mencapai 3.78 Kg. Hal ini cukup wajar mengingat banyaknya komponen ekstra yang ditanamkan pada notebook ini, khususnya komponen pendingin. Pasalnya, gaming notebook ini pastinya memiliki TDP lebih besar dikarenakan pneggunaan GPU diskrit yang diterapkannya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengecek power output dari adaptor yang digunakannya di mana tertera 230W power output.

Dari sisi interface, GT72 mengakomodasi berbagai interface yang cukup variatif. Untuk interface USB 3.0 nya sendiri, terdapat 6 port yang tersedia. Kemudian pada bagian belakangnya, Anda dapat menemukan 2 buah mini DisplayPort dan HDMI untuk keperluan multi-monitor.

Beralih ke komponen eksternal, GT72 ini ternyata menerapkan full size keyboard dari Steelseries yang tentu saja mengakomodasi fitur MacroKey. Selain itu, terdapat pula Hotkey pada bagian sisi sebelah kiri yang berfungsi untuk merubah warna backlit LED keyboard, control fan, Xsplit, dan tombol untuk merubah penggunaan GPU.

Specification

Processor Intel Core i7-4710HQ @2.5 GHz
Operating System Windows 8.1
LCD Display 17.3″ 16:9 FHD anti-glare panel
RAM 16 GB
Chipset HM87
Graphic Controller Intel HD 4600/ NVIDIA GeForce GTX 970M 6GB
Communication Integrated 802.11 a/n/ac (Killer Wireless-AC 1525), BT 4.0 support, Killer LAN Chip
Expansion Slot / Port 6x USB 3.0, 1x MMC reader, DVD Multi, 2x Mini DisplayPort, 1x Killer Ethernet Port, 1x HDMI, 2x Headphone Out, 2x Microphone
Camera HD Web camera
Optical Drive DVD Multi
HDD / Storage 1000 GB Super Raid 3
Quick Launch Button Xsplit, Steelseries, multimedia, GPU switch
Paket Penjualan Adapter 19.5 V DC, 9.23 A, 230 W/ cable ties, QIG
Battery 9Cells Li-Ion (83Whr)
Dimensi (PxLxT) / Berat 428(W) x 294(D) x 48(H)mm (w/ 9cell battery)/ 3.78 Kg

Notebook / Laptop Gaming Intel Core i7

Performance

Secara teknis, gaming notebook buatan MSI ini memiliki spesifikasi yang hampir mirip dengan milik ASUS ROG G751J. Keduanya sama-sama menggunakan Intel Core i7-4710HQ, NVIDIA GeForce GTX 970M serta dukungan memori sebesar 16GB. Namun pada GT72 ini, video memori yang diterapkan pada dedicated graphics-nya memiliki kapasitas lebih besar yakni 6GB. Tentu saja ini menjadi sebuah nilai plus yang akan berdampak pada peningkatan performanya.

Hal menarik lainnya adalah, notebook GT72 ini mendukung secara penuh untuk upgrade komponen. Tidak hanya terbatas pada komponen memori dan storage saja, namun komponen grafisnya pun bisa Anda upgrade. Jadi, jika Anda kurang puas dengan kemampuan GTX 970M yang merupakan komponen grafis bawaan notebook ini, Anda bisa menggantinya dengan GTX 980M.

Berikut ini adalah hasil pengujian dari notebook ini. Anda juga bisa langsung melihat perbandingan skornya terhadap gaming notebook lain yang sudah kami uji.

Value

Dari segi kemampuan, GT72-2QD Dominator ini cukup bisa diandalkan. Apalagi dengan dukungan ekstra video memori sebesar 6GB, serta dukungan super RAID. Selain itu, dukungan audionya pun sangat baik. Built-in speaker yang dibawanya cukup powerful dalam men-generate suara sehingga tidak diperlukan lagi speaker eksternal.

Untuk segi harga, GT72 ini dilepas dengan kisaran harga $2399. Harga tersebut sudah termasuk dengan beberapa aksesoris, seperti tas, dan gaming mouse. Selain itu, MSI juga memberikan garansi yang lebih lama pada produk ini dengan masa garansi hingga 2 tahun.

Kemampuan performa saja tidaklah cukup sebagai senjata untuk menarik konsumen. Oleh karena itu, MSI membekali GT72 dominator ini dengan segala fitur eksklusif meliputi audio, keyboard serta aksesoris berupa tas dan gaming mouse

Series Navigation<< Review Xenom Phoenix PX17-X3Review Aorus X3 Plus >>
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr
Review Headline
  • Total Performance
  • Feature and Accessories
  • Design
  • Price

Summary

We Like
Steelseries Engine, Kualitas audio sangat baik, KillerPro.

We Don't
Bobot, tuts keyboard sedikit kurang nyaman.

3.7

Comments

comments

Add a Comment