Review Processor AMD FX-8370

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Processor jenis FX milik AMD, akhirnya kembali hadir di meja pengujian kami. Kali ini datang dari seri FX 8370 yang diperuntukkan bagi motherboard bersocket AM3+. Processor FX 8370 ini sebetulnya bukanlah termasuk dalam kategori processor terbaru AMD. Namun pada seri FX 8370 yang kami review kali ini memang sedikit berbeda dengan seri FX 8370 yang hadir sebelumnya. Perbedaannya terletak pada bundling yang dihadirkan bersama processor. Processor FX 8370 ini hadir bersama dengan dukungan komponen HSF (heatsink fan) terbaru yang dikeluarkan AMD yang dikenal dengan sebutan Wraith Cooler.

wraith cooler 01

Wraith Cooler ini bisa dikatakan sebagai stock cooler terbaik yang hadir bersama processor. Umumnya, jenis stock cooler dirancang dengan bentuk standar saja, dan bahkan tidak terlalu direkomendasikan bagi user yang ingin memberikan perlakuan “tidak biasa” pada PC-nya. Alasan tersebut menjadikan user lebih memilih untuk menggunakan third party HSF dengan kemampuan yang lebih baik.

Lalu bagaimana dengan harganya? Yup, ternyata dari sisi harga, processor yang di-bundling dengan Wraith Cooler ini hanya dijual pada kisaran harga $199.99. Sementara untuk processor tanpa dukungan Wraith Cooler, dijual pada kisaran $189.99. ini artinya, Anda hanya perlu membayar $10 lagi untuk mendapatkan HSF keren dari AMD ini yang ternyata sudah dilengkapi dengan LED berlogo AMD yang berpendar ketika beroperasi.

wraith cooler

Untuk melihat seberapa efektif kemampuan dari HSF ini, kami pun sempat mengujikannya dengan sejumlah aplikasi pembebanan. Pada kondisi idle, suhu yang tercatat di processor hanya menyentuh angka 14°C saja. Sementara ketika dijalankan dengan aplikasi Prime95 : torture test, suhu mulai perlahan merangkak naik yang kemudian stabil di suhu 64°C setelah berjalan sekitar 10 menit. Untuk ukuran sebuah suhu processor, nilai yang dihasilkan processor ini terbilang cukup dingin. Dukungan Wraith Cooler tentu juga mengambil peran penting dalam hal ini di mana mampu menekan laju panas seminimal mungkin.

idle

Idle state

Full load

Full load

Beralih ke masalah teknis processor. Dibandingkan dengan seri flghship Vishera yakni FX-9590, FX8370 membawa sesuatu yang cukup menarik. Meski sama-sama menggunakan 8 core processor, ternyata FX-8370 memiliki nilai TDP yang jauh lebih rendah yakni hanya 125W saja dibandingan FX9590 yang mencapai 220W.

Secara lebih detail, pada standar sub-system cache. Processor ini menggunakan hingga level 3 cache. Untuk level ini, kapasitas yang digunakan sudah sangat cukup memadai yakni 8 MBytes. AMD juga meningkatkan ukuran L1 intruction cache dari 64 KB menjadi 4 x 64 KB, begitu pula dengan ukuran L1 data cache sebesar yang meningkat menjadi 8 x 16 KB. Sementara itu, penggunaan L2 meningkat menjadi 4 x 2048 Kbytes.

FX-8370E vs FX-8370

Perbandingan FX-8370E vs FX-8370

untuk seri ini, clock speed yang digunakan cukup tinggi yaitu 4,0 GHz pada mode standar dan mencapai 4.3 GHz pada mode turbo. Dengan mengandalkan Wraith Cooler, kami pun berinisiatif untuk meningkatkan clock processor ini mencapai 4.5 GHz. Menariknya, tidak banyak perubahan suhu yang dihasilkan. Hal ini membuktikan keandalan baik dari sisi processor itu sendiri maupun thermal solution yang dihadirkan oleh Wraith Cooler kreasi AMD ini.

Berbeda dengan processor seri mainstream-nya, yaitu A series. Processor FX ini tidak menyertakan Integrated GPU semisal Radeon GPU pada processor-nya. Jadi, Anda sebaiknya sudah menyediakan video card diskrit jika ingin menjalankan sistem PC dengan processor ini.

PENGUJIAN

Seluruh data hasil pengujian merupakan hasil benchmark murni menggunakan aplikasi benchmark terkait dengan konfigurasi sistem seperti yang tercantum di bawah ini.

PLATFORM PENGUJIAN

Prosesor: AMD FX 8370 @4.0 GHz
Motherboard: GIGABYTE 99FXA-UD3 R5
Graphics Card: GIGABYTE GTX 970 G1 Gaming
Memory: 4x 4GB ADATA DDR3 @2400 MHz
Storage: Team Dark 120 GB
Power Supply: FSP Hydro G 850W
CPU Cooler: Stock Cooler (Wraith Cooler)
OS: Windows 10 Pro 64-bit
Driver:  GeForce driver 365.10 WHQL

HASIL TES

 

 

 

 

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment