Review Sapphire NITRO Radeon R9 380 4G D5

Overview Sapphire Nitro Radeon R9 380 4G D5

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Setelah sebelumnya kami menghadirkan pengujian AMD Radeon R7 370. Kembali kami menghadirkan pengujian video card berbasis AMD. Namun kali ini ialah seri di atasnya, yakni R9 380 yang dihadirkan oleh Sapphire. Produk dari Sapphire ini memang cukup memberikan kesan penasaran terutama pada produk berseri NITRO. Desain yang diusungnya memang terlihat lebih sederhana meskipun pada kenyataannya video card ini merupakan versi custom.

 

 

 

 

Secara fisik, NITRO R9 380 ini memiliki panjang 9.3 inch serta tinggi 4.9 inch. Sementara untuk lebarnya, hanya memakan 2 slot PCI di motherboard. Untuk sistem pendingin, fitur Dual-X cooler diterapakan sebagai senjata utama video card ini dalam menekan laju panas yang dihasilkan GPU.  Fitur Dual-X cooler ini terdiri dari dua buah fan berdiameter 100 mm yang juga dilengkapi dengan rangkaian sirip heatsink yang terhubung dengan sejumlah heatpipe.

dual X cooler

Fitur sistem pendingin milik NITRO R9 380 ini cukup terlihat meyakinkan, apalagi jika melihat dukungan dari dua buah kipas berdiameter 100 mm yang diterapkannya. Ukuran diameter yang besar pun secara otomatis mampu meminimalisir penggunaan RPM yang tinggi untuk menekan laju panas, sehingga putaran kipas menjadi tidak bising.

dual X cooler (2)

Sesuai dengan fitur pendingin yang dihadirkan, kami pun akhirnya mencoba untuk menguji temperature dari video card ini saat beroperasi. Pada kondisi idle, suhu yang tercatat ternyata hanya menyentuh angka 37ºC. sementara ketika diujikan dengan aplikasi pembebanan Furmark, suhunya mulai merangkak naik hingga menyentuh angka 76ºC. Sebagai informasi, perolehan suhu tersebut menggunakan konfigurasi kipas yang diatur secara manual dengan kecepatan putar 50% saja.

Untuk dukungan sumber catu dayanya, Sapphire NITRO Radeon R9 380 ini menyediakan 2 x 6-pin connector yang mengindikasikan kebutuhan daya ekstra. User setidaknya harus menyediakan power supply unit dengan rate output 500W 80+ agar sistem berjalan dengan aman, karena secara teori, daya yang dibutuhkan oleh video card-nya sendiri mencapai 225W. Bagusnya lagi,  untuk memudahkan instalasi, Sapphire menerapkan posisi konektor 180º atau tegak lurus dengan posisi video card.

Dari sisi koneksitas, Sapphire NITRO Radeon R9 380 ini menyertakan konektor yang cukup lengkap di mana terdapat 1x DisplayPort , 1x HDMI port dan 2x DVI port.  Hal tersebut cukup mengindikasikan kemampuan dukungannya terhadap penggunaan multi-display.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment