Standar Memory Terbaru : HBM, HMC, dan Wide I/O

Standar Memori Generasi Berikutnya

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

touching2

Ada perubahan besar yang hadir di dunia antarmuka memori (memory interface), dan baru-baru ini AMD  menghadirkan standar memori baru yang dikenal dengan HBM (High Bandwidth Memory).  Sebetulnya, wacana terhadap penggunaan standar baru dari memori ini sudah sejak lama diusulkan, bahkan rumornya sudah muncul semenjak awal tahun ini 2015.  HBM sepertinya menjadi standar baru memori yang pertama diimplementasikan. Bahkan AMD sendiri mengklaim bahwa produk  kartu grafis terbarunya yakni AMD Radeon Fury X menjadi kartu grafis pertama yang mengimplementasikan teknologi HBM dengan besar memory interface mencapai 4096-bit yang memberikan total bandwidth sebesar 256 GB/s.

Selain HBM, terdapat standar memori lain yang akan dihadirkan selanjutnya yakni Wide I/O 2 dan HMC. Baik Wide I/O 2 dan HMC, keduanya  juga mengusung bandwith memory yang tinggi seperti HBM. Yang jadi pertanyaan adalah seberapa perlukah penggunaan standar baru memori ini? dan seberapa perlukah bandwith memori yang tinggi untuk kebutuhan kedepannya?  Beberapa pertanyaan mendasar tersebut tentu akan muncul di benak Anda begitu dihadapakan dengan isu ini.

Melalui tulisan kali ini kami akan coba mengulas secara lugas terkait standar baru dari memori yang sedang dan akan hadir kedepannya. Jadi, terus simak artikel ini hingga tuntas.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment