Virtual Reality : Oculus Rift

This entry is part 3 of 5 in the series Virtual reality
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Oculus Rift merupakan  perangkat Head-Mounted Display (HMD) yang saat ini cukup popular, apalagi setelah proses akuisisi yang dilakukan Facebook terhadap Oculus VR yang notabene creator dari Oculus Rift ini. Teknologi berbasis VR memang diyakini sebagai teknologi yang sangat menjanjikan dalam perkembangan teknologi komputer ke depannya sehingga langkah yang diambil Facebook tersebut cukup beralasan.

Oculus-Rift

Oculus Rift mengawali kemunculannya pada tahun 2012 di mana konsep yang diusung merupakan modern virtual reality gaming. Kala itu, belum banyak atau bahkan belum ada produsen yang menawarkan pengamalan gaming seperti yang dihadirkan oleh Oculus Rift. Perangkat VR yang hadir sebelumnya masih jauh dari harapan dalam menampilkan konten yang dihadirkan seperti saat ini sehingga tentu saja Oculus Rift berpotensi untuk mendominasi pasar.

Lewat dukungan kampanye yang dilancarkan melalui Kickstarter, Oculus Rift meraih dukungan yang ternyata jauh melebih ekspektasi. Pada September 2012, pemesanan untuk Devkit ini sudah bisa dilakukan dengan harga kisaran $300 lewat website resminya. Dan tak disangka-sangka, angka penjualannya mencapai 4 – 5 unit per menit pada hari pertama.

Pada 2014, Oculus juga telah menyiapkan devkit 2 yang kemungkinan tersedia pada bulan July 2014. Untuk unit Devkit 2 ini, Oculus telah menerapkan berbagai peningkatan kemampuan seperti penggunaan low persistence LCD display sehingga mengurangi motion blur dan judder saat menggerakan kepala, meningkatkan visual stability dan mengurangi simulator sickness.

Tabel Perrbandingan spesifikasi Oculus DK 2 dan Project Morpheus (prototype)

  Oculus DK 2 Sony Project Morpheus (prototype)
Component Processor unit, head-mounted unit, positional tracking Processor unit, head-mounted unit
Display Method OLED LCD
Panel Resolution 960 x 1080 per eye 1920 x RGB x 1080 per eye
Field of View 100 degrees 90 degrees
Sensors Accelerometer, Gyroscope, magnetometer Accelerometer, Gyroscope
Connection interface HDMI, USB device,  USB Host, camera USB HDMI, USB
Series Navigation<< Virtual Reality : Project MorpheusImplementasi Teknologi Virtual Reality pada Industri Game >>
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment