Windows 10 Akan Hadir di Semua Platform

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

windows 10

Perhatian terhadap sistem operasi kreasi Microsoft khususnya Windows 8 memang cukup menarik untuk disimak tiap perkembangannya. Untuk Windows 8, Microsoft tampaknya memberikan beberapa perubahan yang cukup signifikan, tidak hanya dari segi kemampuan, UI (User Interface) dan kinerja tapi juga dari segi varian untuk segmentasi sistem operasinya. Tidak seperti Windows 7, pada Windows 8 hanya terbagi 3 jenis versi untuk sistem operasi ini, yaitu Windows 8, Windows 8 Pro,  dan Windows 8 Enterprise serta Windows RT yang hanya diperuntukkan pada perangkat berbasis ARM.

Namun kehadiran Windows 8 ini ternyata tidak sesukses versi Windows 7 dikarenakan absennya beberapa fitur penting terkait user interface seperti dukungan start menu, meskipun pada versi selanjutnya yakni Windows 8.1, fitur start menu kembali dihadirkan.

Kehadiran Windows 8 memang diakui cukup memberikan nuansa dan pengalaman baru dalam berinteraksi dengan komputer. Berbagai perubahan mulai dari desain, user interface, pengoperasian yang lebih efektif dan sistem yang lebih cepat menjadi kelebihan yang dibawa oleh Windows 8. Sayangnya rancangan Windows 8 ini terlalu di fokuskan untuk perangkat berbasis touchscreen sehingga menghilangkan desain mekanik khas Windows 7 untuk perangkat non-touchscreen yang justru lebih digemari oleh user. Melihat kondisi tersebut Microsoft akhirnya merancang sistem operasi baru yang nantinya akan menyempurnakan kemampuan Windows 8 dan diklaim akan mampu memberikan pengalaman yang tepat di berbagai perangkat. Sistem operasi baru tersebut adalah Windows 10, yang secara resmi diperkenalkan pada 30 September 2014.

Windows 10 awalnya dipersiapkan sebagai update untuk versi Windows 8 selanjutnya yang dikenal dengan code name “Threshold”.  Namun pada July 2014, CEO Microsoft baru yaitu Satya Nadella memberikan pernyataan bahwa Microsoft berencana menghadirkan sistem operasi terbaru mereka dengan konsep unity. Yang artinya menggabungkan seluruh sistem operasi Windows (Windows versi desktop, Windows phone, dan Windows embedded) menjadi satu kesatuan seperti yang dihadirkan Windows 10. Konsep ini dikenal dengan istilah One product family. One platform. One store.

Rencanya Windows 10 ini akan dirilis pada pertengahan 2015 sesuai konfirmasi dari Microsoft melalui blog resminya. Microsoft pun sudah mengumumkan varian Windows 10 yang akan hadir, diantaranya adalah Windows 10 Home, Windows 10 pro, Windows 10 Mobile, Windows 10 Enterprise, Windows 10 Mobile Enterprise, dan Windows 10 Education. Selain keenam versi di atas, Microsoft juga berencana menambahkan versi lain yakni Windows 10 IoT Core.

Seluruh versi Windows 10 tersebut nantinya akan meng-cover seluruh platform hardware yang ada saat ini mulai dari desktop PC, notebook, 2 in 1, Xbox One, Microsoft HoloLens, tablet, smartphone, hingga perangkat development board seperti Raspberry Pi 2.

 

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments