Windows 10 Technical Preview

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Start Menu (dynamic layout)

Perhatian terhadap sistem operasi kreasi Microsoft khususnya Windows 8 memang cukup menarik untuk disimak tiap perkembangannya. Untuk Windows 8, Microsoft tampaknya memberikan beberapa perubahan yang cukup signifikan, tidak hanya dari segi kemampuan, UI (User Interface) dan kinerja tapi juga dari segi varian untuk segmentasi sistem operasinya.

Tidak seperti Windows 7, pada Windows 8 hanya terbagi 3 jenis versi untuk sistem operasi ini, yaitu Windows 8, Windows 8 Pro,  dan Windows 8 Enterprise serta Windows RT yang hanya diperuntukkan pada perangkat berbasis ARM. Namun kehadiran Windows 8 ini ternyata tidak sesukses versi Windows 7 dikarenakan absennya beberapa fitur penting terkait user interface seperti dukungan start menu, meskipun pada versi selanjutnya yakni Windows 8.1, fitur start menu kembali dihadirkan.

Kehadiran Windows 8 memang diakui cukup memberikan nuansa dan pengalaman baru dalam berinteraksi dengan komputer. Berbagai perubahan mulai dari desain, user interface, pengoperasian yang lebih efektif dan sistem yang lebih cepat menjadi kelebihan yang dibawa oleh Windows 8. Sayangnya rancangan Windows 8 ini terlalu di fokuskan untuk perangkat berbasis touchscreen sehingga menghilangkan desain mekanik khas Windows 7 untuk perangkat non-touchscreen yang justru lebih digemari oleh user. Melihat kondisi tersebut Microsoft akhirnya merancang sistem operasi baru yang nantinya akan menyempurnakan kemampuan Windows 8 dan diklaim akan mampu memberikan pengalaman yang tepat di berbagai perangkat. Sistem operasi baru tersebut adalah Windows 10, yang secara resmi diperkenalkan pada 30 September 2014.

Windows 10 awalnya dipersiapkan sebagai update untuk versi Windows 8 selanjutnya yang dikenal dengan code name “Threshold”.  Namun pada July 2014, CEO Microsoft baru yaitu Satya Nadella memberikan pernyataan bahwa Microsoft berencana menghadirkan sistem operasi terbaru mereka dengan konsep unity. Yang artinya menggabungkan seluruh sistem operasi Windows (Windows versi desktop, Windows phone, dan Windows embedded) menjadi satu kesatuan seperti yang dihadirkan Windows 10. Konsep ini dikenal dengan istilah One product family. One platform. One store.

Rencananya Windows 10 ini akan dirilis pada akhir 2015. Namun jangan kuatir, Microsoft ternyata cukup berbaik hati untuk menghadirkan versi preview dari Windows 10 ini yang bisa didapatkan secara gratis di website resminya. Perlu diketahui, dukungan hardware untuk sistem operasi ini tidak jauh berbeda dengan windows 7 di mana sistem setidaknya memiliki spesifikasi seperti yang tercantum di bawah ini .

  • Processsor: 1 Gigahertz (GHz) atau diatasnya,
  • RAM: 1 Gigabyte (GB) (32-bit) or 2 GB (64-bit),
  • Hard disk space: Minimum 16 GB,
  • Video card: Kompatibel dengan Microsoft DirectX 9 serta driver WDDM,
  • Monitor : Resolution 1366×768, (touch panel will be required for some features).

New Features

Start Menu Baru


Lenyapnya Start Menu bisa dikatakan menjadi alasan mengapa Windows 8 kurang populer layaknya Windows 7. Di berbagai laporan dan riset, konsumen menginginkan agar fitur tersebut dihadirkan kembali, meskipun pada versi Windows 8.1 start menu juga sudah dihadirkan kembali.  Bedanya, Start Menu di Windows 10 didesain dengan tampilan yang lebih modern, selain itu dilengkapi juga dengan ruang kosong yang dapat diisi dengan aplikasi favorit dan juga Live Tiles yang menjadi ciri khas Windows 8. U

Untuk mendukungan user yang menggunakan perangkat touchscreen, Windows 10 juga tetap menghadirkan akses untuk masuk ke start screen melalui tombol start. Namun, sebelumnya Anda harus mengganti orientasi yang diinginkan tersebut melalui menu navigation properties.

Task View


Cara kerja task view di Window 10 tampaknya tidak jauh berbeda dengan versi Windows sebelumnya, namun Microsoft memastikan rancangan task view di Windows 10 lebih membantu pengguna untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi atau jendela lainnya. User dapat mengatur ukuran tampilan dengan menggeser pembatas untuk menyesuaikan tampilan sesuai keinginan. Fitur ini juga mampu menampilkan hingga empat aplikasi secara bersamaan. Jika Anda menggunakan multiple display, Anda dapat menjalankan aplikasi berbeda di setiap display secara bersamaan dan start screen dapat tetap muncul di monitor lain.

Snap Assist


Fitur Snap Assist di Windows 10 memudahkan pengguna untuk menyusun lebih dari 4 jendela aplikasi dalam satu layar yang sama. Atau pengguna dapat pula memasang jendela ke dalam layar dan tile windows baru. Untuk dapat melakukan ini, Anda cukup melakukan klik pada task view yang terletak pada task bar, kemudian pilih add to desktop. Dengan begitu Anda dapat me-manage aplikasi yang sedang dijalankan ketika tengah menjalankan banyak aplikasi.

Agregated Search


Salah satu fitur yang cukup powerful dihadirkan oleh Windows 8.1 Kembali dihadirkan pada Windows 10 yakni fitur Agregated Search. Fitur ini merupakan fitur search yang kini teragregasi dengan mesin pencarian Bing. Dengan begitu, Search charm kini menyediakan pencarian secara global (web, apps, files, SkyDrive) untuk memberikan jawaban dari pencarian Anda.  Bagusnya lagi, fitur ini kini menyediakan informasi terupdate secara otomatis yang tengah menjadi perbincangan ketika terhubung dengan internet. Selain bisa diakses melalui charm bar, kini fitur ini juga bisa diakses langsung melalui taskbar Windows.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr

Comments

comments

Add a Comment